Styaningsih, Aria (2010) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 12 Malang kelas XI IA2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dalam pokok bahasan sistem indera pada manusia / Aria Styaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Biologi di SMA Negeri 12 Malang diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar sebagian besar siswa dalam mata pelajaran Biologi tergolong masih rendah. Proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 12 Malang sebenarnya sudah cukup baik hanya saja aplikasi pembelajaran yang mengarahkan pada kemandirian siswa masih belum dapat dikembangkan sebagaimana yang diharapkan oleh KTSP. Ketergantungan siswa terhadap guru dalam proses pembelajaran masih sangat tinggi. Hal itu karena kelas masih menggunakan metode ceramah tanya jawab atau membahas Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam pembelajaran dan kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar Biologi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IA2 SMA Negeri 12 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini dilakukan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2008 sampai dengan tanggal 17 Mei 2008. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi selama penelitian sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 64 81% yang termasuk dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80 32% yang termasuk dalam kategori baik. Motivasi belajar siswa mengalami persentase peningkatan sebesar 23 93%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata kelas sebesar 77 81 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 68 42% sedangkan pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 82 57 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86 48%. Skor rata-rata kelas mengalami persentase peningkatan sebesar 6 11% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 26 39%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IA2 SMA Negeri 12 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together pada pokok bahasan yang lain (selain sistem indera) serta pada jenjang pendidikan yang lain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa. Guru dapat menciptakan suatu variasi pembelajaran seperti menggabungkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together atau pembelajaran kooperatif yang lain dengan kegiatan praktikum untuk menghindari perasaan bosan pada siswa. Guru diharapkan lebih giat memantau jalannya diskusi kelompok agar siswa tidak berbicara di luar materi pelajaran dan bercanda dengan temannya sehingga fokus perhatian siswa tertuju pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |