Pengaruh penerapan tes pra pembelajaran dan pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Endri Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan tes pra pembelajaran dan pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Endri Purnomo

Purnomo, Endri (2009) Pengaruh penerapan tes pra pembelajaran dan pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Endri Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi selama hampir tiga bulan (4 Februari 2008-26 April 2008) saat kegiatan PPL di SMA Negeri 3 Malang motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X belum maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw karena pembelajaran kooperatif model Jigsaw berpusat pada siswa dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran Jigsaw juga lebih menguntungkan terhadap tanggungjawab siswa. Peneliti juga tertarik untuk menerapkan tes pra pembelajaran karena tes pra pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga siswa lebih menguasai materi. Berdasarkan uraian diatas penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan tes pra pembelajaran dan pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang (2)mengetahui pengaruh penerapan tes pra pembelajaran dan pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan dalam lima kali pertemuan yaitu bulan Mei sampai dengan Juni 2008. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Malang. Sampel penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 3 Malang kelas X-2 X-6 dan X-7 semester genap tahun ajaran 2007/2008. Data prestasi belajar diperoleh dari nilai pra tes dan pasca tes. Sedangkan data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi dan lembar observasi. Data prestasi belajar dianalisis dengan teknik analisis kovarian. Data angket motivasi belajar dianalisis dengan teknik analisis varian. Data motivasi belajar dari observasi dihitung persentasenya selanjutnya dianalisis berdasarkan taraf keberhasilan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan tes pra pembelajaran pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan metode ceramah tidak berpengaruh nyata terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. Meskipun demikian berdasarkan rerata skor motivasi belajar siswa kelas ceramah cenderung memiliki motivasi belajar paling tinggi. Kelas Jigsaw cenderung memiliki motivasi belajar lebih rendah daripada kelas ceramah tetapi lebih tinggi daripada kelas Jigsaw dan tes pra pembelajaran. Observasi motivasi belajar biologi menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw (termasukkelas Jigsaw dan tes pra pembelajaran) cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada kelas yang diajar dengan metode ceramah. Perlakuan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan tes pra pembelajaran pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan metode ceramah berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. Kelas yang diajar dengan metode ceramah menghasilkan prestasi belajar paling tinggi. Prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan tes pra pembelajaran lebih rendah daripada prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah tetapi lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan adalah (1) sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan topik materi ajar dan bentuk tes yang akan diterapkan kepada siswa (2) sebaiknya waktu pelaksanaan pasca tes ketiga kelas yang digunakan untuk penelitian dilakukan secara bersamaan (3) sebaiknya dalam pelaksanaan penelitian indikator kompetensi untuk setiap kelompok pada setiap kali pelaksanaan model Jigsaw setara tingkat kesulitannya dan (4) sebaiknya dilakukan adaptasi pembelajaran kooperatif model Jigsaw kepada kelas yang akan diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item