Penggunaan kartu kata dan kartu bergambar untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammdiyah 1 Malang / Fidia Listiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kartu kata dan kartu bergambar untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammdiyah 1 Malang / Fidia Listiani

Listiani, Fidia (2009) Penggunaan kartu kata dan kartu bergambar untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammdiyah 1 Malang / Fidia Listiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pelajaran bahasa Arab salah satunya adalah dengan menggunakan media. Banyak media yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di antaranya media gambar dan kartu kata. Media cocok diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa usia MI kelas IV-VI karena pada usia tersebut siswa berfikir berdasarkan rangsangan-rangsangan kongkret dan tentang hal-hal yang kongkret bukan abstrak. Oleh karena itu dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab untuk anak ini penggunaan media kartu kata dan kartu bergambar perlu dimanfaatkan. Adapun penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IV dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 1 Malang dengan menggunakan media kartu kata dan kartu bergambar dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sedangkan tujuan penelitian secara khusus adalah untuk memperoleh informasi tentang (1) prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab sebelum digunakan kartu kata dan kartu bergambar (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kartu kata dan kartu bergambar dan (3) prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab sesudah digunakan kartu kata dan kartu bergambar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 35 siswa terdiri atas 18 perempuan dan 17 laki-laki. Data dikumpulkan dari nilai Pre test (nilai pelajaran bahasa Arab semester ganjil 2007/2008 sebagai ganti tes awal) pos test angket wawancara dan observasi yang kemudian dianalisis dan dilaporkan. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis kosakata pada masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua dilaksanakan untuk pengenalan dan drill kosakata baru sedangkan pada pertemuan ketiga digunakan untuk ulangan harian dan tanya jawab seputar materi yang telah diajarkan Sebagaimana yang telah diamati selama proses pemberian tindakan baik melalui angket observasi wawancara dan nilai pos test dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media kartu kata dan gambar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang. Dengan kata lain terdapat peningkatan prestasi pada pelajaran bahasa Arab kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang sesudah menggunakan media kartu kata dan kartu bergambar. Oleh karena itu pelajaran bahasa Arab dengan media kartu kata dan kartu bergambar perlu ditindak lanjuti dan dikembangkan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/246097

Actions (login required)

View Item View Item