Pengaruh penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Dwi Erna Sulistiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Dwi Erna Sulistiani

Sulistiani, Dwi Erna (2009) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Dwi Erna Sulistiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan keterampilan mental yang digunakan untuk memonitor pemahaman mengontrol proses kognitif dapat juga diartikan tahu apa yang mereka tahu dan tidak. Keterampilan metakognitif merupakan salah satu komponen yang dapat menunjang kemampuan berpikir. Pemberdayaan kemampuan berpikir selama pembelajaran sangat penting untuk dilakukan. Keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir dapat diberdayakan melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif salah satunya adalah strategi pembelajaran jigsaw. Pemberdayaan kedua keterampilan tersebut akan berimplikasi pada pemberdayaan pemahaman konsep siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran jigsaw. Salah satu keunggulan strategi pembelajaran jigsaw adalah membuat ahli menjadi pemilik informasi yang unik yang tidak dimiliki anggota kelompok lainnya sehingga dalam pembelajarannya mudah dipelajari menyenangkan menggunakannya di kelas dapat digabung dengan strategi pembelajaran yang lain dan hasilnya efektif. Selama ini banyak kajian yang membahas tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. Belum ada penelitian yang mengkaji pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif siswa. Selain strategi pembelajaran hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh kondisi awal siswa dalam hal ini adalah kemampuan akademik siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa pada kemampuan akademik yang berbeda. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran jigsaw kemampuan akademik serta interaksinya terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang (2) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran jigsaw kemampuan akademik serta interaksinya terhadap kemampuan berpikir siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang dan (3) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran jigsaw kemampuan akademik serta interaksinya terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang . Penelitian ini dilakukan untuk memberdayakan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir siswa melalui penerapan strategi pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII D sebagai kelas kontrol (diajar dengan pembelajaran konvensional) dan kelas VII E sebagai kelas perlakuan (diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anakova untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran jigsaw kemampuan akademik dan interaksinya terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa yang ditunjukkan dengan hasil bahwa siswa kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw mempunyai keterampilan metakognitif 19 07 % lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan mengggunakan strategi pembelajaran konvensional sedangkan kemampuan akademik dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa. Strategi pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa yang ditunjukkan dengan hasil bahwa siswa kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw mempunyai kemampuan berpikir 17 40 % lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan mengggunakan strategi pembelajaran konvensional sedangkan kemampuan akademik dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa. Strategi pembelajaran jigsaw dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan dengan hasil bahwa siswa kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw mempunyai pemahaman konsep 34 90 % lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan mengggunakan strategi pembelajaran konvensional dan siswa berkemampuan akademik tinggi mempunyai pemahaman konsep 17 38 % lebih tinggi daripada siswa berkemampuan akademik rendah. Interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran jigsaw memiliki potensi untuk memberdayakan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24608

Actions (login required)

View Item View Item