Tathbiq al-thoriqoh al-ta'awuniyah bistikhdami la'bi al-mabarati al-fatawiyah litarqiyah maharah al-thollabah waruqghbitihim fil-qiro'ah/ Hasanatul Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tathbiq al-thoriqoh al-ta'awuniyah bistikhdami la'bi al-mabarati al-fatawiyah litarqiyah maharah al-thollabah waruqghbitihim fil-qiro'ah/ Hasanatul Hamidah

Hamidah, Hasanatul (2009) Tathbiq al-thoriqoh al-ta'awuniyah bistikhdami la'bi al-mabarati al-fatawiyah litarqiyah maharah al-thollabah waruqghbitihim fil-qiro'ah/ Hasanatul Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamidah Hasanatul. 2009. Penerapan Metode Kooperatif TGT (Teams Games Tournaments) untuk Meningkatkan Ketrampilan serta Motivasi Siswa dalam Kemahiran Qiroah di Madrasah Aliyah Negeri Gondang Legi. Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nurul Murtadho M. Pd. Kata kunci metode kooperatif TGT (Teams Games Tournaments) Ketrampilan membaca motivasi siswa. Saat ini bahasa Arab telah menjadi bahasa ilmiyah disamping itu bahasa Arab juga merupakan bahasa dibidang kedokteran bahasa dalam ilmu filsafat dan bahasa diberbagai ilmu pengetahuan lainnya. Bahasa Arab bukan hanya digunakan oleh bangsa Arab semata namun banyak bangsa selain bangsa Arab salah satunya bangsa Indonesia juga mempelajari bahasa Arab. Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat 4 kemahiran berbahasa salah satu diantara empat komponen tersebut adalah kemahiran membaca menurut Djiwandono (1996 62) membaca merupakan kegiatan penting saat ini karena informasi antara satu negara dengan Negara lain saat ini berkembang pesat melalui berbagai media antara lain melalui media massa buku majalah dan lain lain. Tetapi dalam pembelajaran bahasa Arab masih terdapat masalah dan hambatan dalam pembelajaran kemahiran membaca karena dalam kenyataannya masih banyak para guru bahasa Arab tidak memanfaatkan serta tidak menggunakan teori serta metode pembelajaran yang baru yang lebih menarik selama proses pengajar masalah ini menyebabkan pada penurunan prestasi serta motivasi siswa dalam pembelajaran kemahiran membaca. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan metode kooperatif TGT (Teams Games Tournaments) untuk meningkatkan ketrampilan serta motivasi siwa dalam kemahiran membaca di Madrasah Aliyah negeri Gondang legi. Tujian penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman teks sebelum penelitian 2) mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman teks setelah penelitian 3) mengetahui motivasi siswa dalam pemahaman teks sebelum penelitian 4) mengetahui motivasi siswa dalam pemahaman teks setelah penelitian 5) mengetahui efektivitas penerapan metode kooperati TGT dalam pembelajaran qiroah. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas x MAN Gondang Legi Malang. Sampel terdiri dari kelas x A yang terdiri dari 32 siswa menjadi kelas control dan kelas x E yang terdiri dari 31 siswa menjadi kelas eksperimen sampel tersebut diambil dengan menggunakan sampling pertimbangan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument sebagai berikut 894 1) pedoman observasi 2) pedoman wawancara 3) angket motivasi 4) soal tes 5) dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis uji T dengan bantuan program SPSS 11.0 for Windows menunjukkan bahwa ratarata hasil pre tes dari kelas control dan kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa kemampuan awal dalam pemahaman teks dari siswa kelas control dan kelas eksperimen sama. Sedangkan dari analisis hasil post tes menunjukkan bahwa ratarata nilai kelas control dan kelas eksperimen berbeda secara signifikan. Peningkatan ratarata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peningkatan yang terdapat pada kelas control. Begitu juga dalam motivasi dari analisis angket pertama menunjukkan bahwa motivasi awal kedua kelas tidak berbeda secara signifikan sedangkan dari analisis angket terakhir yang dibagikan setelah penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas eksperimen dari pada kelas control. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode koopertif TGT (Teams games Tournaments) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bahasa Arab serta dapat meningkatkan motivasi siswa. sehingga disarankan pada guru bhasa Arab untuk menerapkan metode koopertif TGT dalam pembelajaran bahasa Arab terutama dalam pembelajaran qiroah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/246076

Actions (login required)

View Item View Item