Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan social skill dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-B SMP Sri Wedari Malang / Awang Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan social skill dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-B SMP Sri Wedari Malang / Awang Safitri

Safitri, Awang (2009) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan social skill dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-B SMP Sri Wedari Malang / Awang Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMP Sri Wedari adalah salah satu SMP swasta di kota Malang. Berdasarkan hasil observasi pada kelas VIII-B selama pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada guru interaksi pembelajaran hanya terjadi dalam satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu dalam pembelajaran siswa tampak bosan serta jenuh pembelajaran yang disampaikan hanya bersifat teoritis yang jarang dikaitkan dengan dunia nyata. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi diketahui bahwa permasalahan utama yang timbul di kelas VIII-B SMP Sri Wedari antara lain kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran kurangnya kerja sama serta interaksi antar siswa dalam pembelajaran serta kurangnya kemampuan berkomunikasi siswa dan hasil belajar biologi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa untuk membangun kemampuan kognitif serta dapat memotivasi siswa untuk dapat berfikir kritis dan aktif dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan problem posing. Tahapan-tahapan dalam problem posing melatih siswa lebih berani serta mampu mengemukakan pendapatnya dalam pembelajaran. Selain melatih siswa lebih aktif dalam pembelajaran problem posing juga melatih siswa untuk mampu bekerjasama dan berinteraksi dengan siswa yang lain. Kecakapan siswa untuk mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis serta kecakapan dalam bekerjasama merupakan aspek-aspek dalam social skill siswa. Oleh karena itu diharapkan pendekatan problem posing dapat meningkatkan social skill dan hasil belajar siswa kelas VIII-B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII-B semester genap 2006/2007 SMP Sri Wedari Malang. Penelitian dilakukan mulai tanggal 28 Mei sampai 11 Juni 2007 dengan materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Teknik pengumpulan data melalui tes formatif lembar observasi catatan lapangan serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan sosial skill siswa yang pada siklus I hanya sebesar 60 2% dengan kriteria cukup pada siklus II meningkat menjadi 75 6% dengan kriteria baik. Selain social skill hasil belajar pun mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil kemampuan siswa pada siklus I rata-ratanya sebesar 63 4 sedangkan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 69 4% dan pada saat siklus II rata-rata siswa sebesar 70 4 dengan ketuntasan belajar sebesar 88 9%. Disarankan bagi guru biologi hendaknya berkenan menerapkan pendekatan problem posing dalam pembelajarannya karena terbukti dapat meningkatkan social skill siswa dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item View Item