Nining Jumariyati (2009) Pengembangan komik sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gading, Probolinggo / Nining Jumariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komik adalah salah satu bacaan yang disukai anak-anak sehingga dalam penelitian ini komik dijadikan sebagai media pembelajaran. Secara umum komik yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran hampir sama dengan komik pada umumnya namun isi komik yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada pengembangan ini lebih mengarah pada penyajian materi pelajaran yaitu sistem indera. Tujuan pengembangan komik sebagai media pembelajaran Biologi untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gading Probolinggo agar pembelajaran Biologi menjadi menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat digunakan sebagai alternatif atau pelengkap buku pelajaran. Komik yang digunakan pada penelitian ini sebelumnya divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media ahli materi dan siswa. Validasi ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan- kekurangan komik sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap komik agar komik layak bila dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada penelitian ini. Untuk mengetahui keefektifan komik sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gading Probolinggo maka dilakukan pre test dan post test dan dihitung rata-ratanya dan dihitung selisihnya kemudian dianalisis dengan Gain Score. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis ketuntasan belajar siswa berdasarkan nilai post test. Berdasarkan analisis dengan Gain Score maka diperoleh nilai Gain Score sebesar 0 34 dan ditentukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan komik sebagai media pembelajaran termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini berarti bahwa komik yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran Biologi cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gading Probolinggo. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar klasikal siswa maka diperoleh hasil 64 71% dengan kriteria ketuntasan minimal 65. Hasil analisis ini berarti bahwa ketuntasan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Gading Probolinggo setelah penerapan komik dalam proses pembelajaran termasuk dalam kualifikasi baik sehingga penerapan komik sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gading Probolinggo. Peneliti berharap agar para peneliti lain dapat melakukan inovasi dalam dunia pendidikan dengan lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran. Peneliti juga berharap agar hasil penelitian ini tidak sekedar penelitian yang sia-sia semoga penelitian ini dapat dikembangkan dan benar-benar dapat diterapkan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24606 |
Actions (login required)
View Item |