Puji Rahmawati (2009) Pengembangan modul pembelajaran biologi dengan model siklus belajar (learning cycle) 4 tahap berbasis konstruktivistik untuk siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Puji Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat 1 dan 2 maka disusun dan dikembangkan suatu kurikulum baru yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Mengacu pemberlakuan KTSP guru harus memiliki kreativitas yang lebih untuk mengembangkan pembelajaran di kelas dan dapat memanfaatkan potensi siswa seperti bakat minat dan tingkat kecerdasan sehingga siswa dapat mengkonstruk konsep pengetahuannya sendiri menurut potensi masing-masing. Pembelajaran berbasis konstruktivistik dengan menggunakan siklus belajar adalah salah satu solusi dalam mengembangkan pembelajaran yang aktif dan mandiri. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan untuk memenuhi pembelajaran yang aktif dan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran Biologi dengan Model Siklus Belajar (learning cycle) 4 tahap Berbasis Konstruktivistik untuk Siswa SMA Negeri 10 Malang Kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Modul yang dikembangkan adalah modul pembelajaran Biologi dengan Model Siklus Belajar (learning cycle) 4 tahap Berbasis Konstruktivis untuk Siswa SMA Negeri 10 Malang Kelas XI. Prosedur pengembangan modul meliputi studi pendahuluan untuk mengkaji kurikulum pengembangan produk validasi produk revisi produk uji coba produk dan penyempurnaan produk. Subyek validasi modul (validator) adalah 3 orang dosen Biologi Universitas Negeri Malang dan 3 orang Guru SMA Negeri 10 Malang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) data kuantitatif yang diperoleh dari skor lembar penilaian yang diisi oleh validator dan skor angket siswa dan (2) data kualitatif yang diperoleh dari saran dan kritik dari validator dan saran dari siswa pada saat keterlaksanaan uji coba. Hasil pengembangan berupa modul yang mempunyai dua kegiatan belajar yaitu Sistem Peredaran Darah Hewan dan Sistem Peredaran Darah Manusia. Masing-masing kegiatan belajar terdiri dari model siklus belajar empat tahap yaitu eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Hasil penilaian dari validator sebesar 83 02% dengan rerata 3 31 yang berarti valid sedangkan penilaian dari siswa sebesar 75 23% yang berarti cukup valid. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan modul ini dapat digunakan pada pembelajaran Biologi SMA kelas XI terutama pada materi sistem peredaran darah. Modul ini telah diuji cobakan dalam lingkup terbatas dan perlu diuji cobakan dalam lingkup yang lebih luas lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24603 |
Actions (login required)
View Item |