Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/2008 / Nur Vita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/2008 / Nur Vita Sari

Nur Vita Sari (2008) Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/2008 / Nur Vita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan peneliti saat melakukan observasi di SMA Muhammadiyah 2 Malang. Dari hasil observasi diperoleh data bahwa (1) Khususnya pada mata pelajaran Biologi pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) daripada berpusat pada siswa (student centered). (2) Siswa jarang diajak melakukan pengamatan praktikum maupun belajar secara kooperatif. (3) Siswa tidak memiliki buku ajar (buku Biologi). Akibatnya sebagian besar siswa menjadi siswa yang pasif di kelas. Selama pembelajaran para siswa cenderung berbicara sendiri dengan teman-temannya tidak mendengarkan penjelasan guru dan terlihat kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Selain itu skor tes menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal (SKM) mata pelajaran Biologi yang ditetapkan di sekolah. Dengan kata lain keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan kebosanan serta menurunkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari pembelajaran yang teacher centered. Berdasarkan uraian permasalahan di atas melalui penelitian ini peneliti mencoba keefektifan dari Pembelajaran Berdasarkan Masalah dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/ 2008 selama mengikuti pembelajaran dengan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/ 2008 setelah mengikuti pembelajaran dengan Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 9 November sampai 26 November 2006. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/ 2008. Peningkatan motivasi belajar Biologi siswa SMA Muhammadiyah 2 Malang sebesar 12 2 % yaitu dari 71 9 % pada siklus 1 menjadi 84 1 % pada siklus 2.(2) Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang semester gasal tahun ajaran 2007/ 2008. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada aspek kognitif jumlah rata-rata hasil belajar klasikal dari pra tindakan ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 48 pada Pra tindakan menjadi 68 pada siklus 1 dan 74 5 pada siklus 2. Pada aspek afektif skor hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 109 pada siklus 1 menjadi 117 pada siklus 2. Untuk aspek psikomotorik skor hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 74 pada siklus 1 menjadi 90 pada siklus 2. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan dan mengembangkan metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dengan meningkatkan kualitas pertanyaan tes sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item