Pengembangan media pembelajaran ritatoon untuk siswa kelas IV mata pelajaran sains di SDN Bareng IV Malang / Friendha Yuanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ritatoon untuk siswa kelas IV mata pelajaran sains di SDN Bareng IV Malang / Friendha Yuanta

Yuanta, Friendha (2011) Pengembangan media pembelajaran ritatoon untuk siswa kelas IV mata pelajaran sains di SDN Bareng IV Malang / Friendha Yuanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Ritatoon Sains Pengembangan media pembelajaran ritatoon ini merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran klasikal. Mata pelajaran yang digunakan yaitu sains yang di dalamnya mempelajari tentang gejala alam yang hidup dalam lingkup ruang dan waktu. Dari suatu proses kejadian alam yang membutuhkan waktu lama menjadi cepat yang besar terlihat kecil yang tidak wujud menjadi ada wujudnya dan sebaliknya. Berdasarkan tujuan pembelajaran mata pelajaran sains yang menuntut kemampuan siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang kekal sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sumberdaya alam yang dapat diperbaharui yang memerlukan penjelasan dan contoh yang jelas dan nyata. Oleh karena itu diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat memperjelas materi tersebut sehingga pengembang menggunakan media pembelajaran ritatoon sebagai media yang dapat menunjang siswa dalam memahami materi. Pemilihan media pembelajaran ritatoon ini berdasarkan observasi pengembang dan konsultasi dengan guru di SDN Bareng IV Malang belum tersedia fasilitas laboraturiun komputer yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakanpun hanya dengan menggunakan buku teks LKS papan tulis dan gambar-gambar kecil yang diambil dari majalah koran ataupun gambar dari internet sehingga memerlukan tambahan media pembelajaran ritatoon karena di dalam media ritatoon terdapat gambar dengan ukuran besar yang bisa didemonstrasikan di depan kelas dan bisa dilihat dengan jelas oleh seluruh siswa dalam satu kelas. Maka diharapkan dengan adanya pengembangan media pembelajaran ritatoon ini dapat membuat pembelajaran sains lebih bervariasi dan dapat menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga didapatkan pencapaian tujuan dan pencapaian materi. Tujuan dari pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran ritatoon yang valid/layak diterapkan pada mata pelajaran sains kelas IV SDN Bareng IV Malang dan mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran ritatoon dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari 1) analisys 2) design 3) development 4) implementation 5) evaluation. Pengembangan media pembelajaran ini di uji cobakan kepada siswa kelas IV dalam pembelajaran sains di SDN Bareng IV Malang. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan beberapa instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (Pre Test dan Post ii Test). Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli media ahli materi dan siswa dengan menggunakan kriteria kevalidan/kelayakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pre Test dan Post Test dengan uji T untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran ritatoon. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran ritatoon mata pelajaran sains kelas IV semester 2 telah diuji cobakan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 90 8% ahli materi diperoleh hasil sebesar 93 8% siswa dalam uji coba perseorangan diperoleh hasil sebesar 88 8% siswa dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 91% siswa dalam uji coba lapangan diperoleh hasil sebesar 91 8% maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ritatoon yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak. Dari hasil belajar siswa meningkat 19 4% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ritatoon yang dikembangkan termasuk efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa perolehan data ahli media ahli materi audien tentang media pembelajaran ritatoon yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak. Dari perolehan data hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ritatoon yang dikembangkan termasuk efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga media pembelajaran ritatoon mata pelajaran sains kelas IV semester 2 dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengembangan media pembelajaran ritatoon mata pelajaran sains kelas IV semester 2 maka terdapat saran yang diajukan untuk pengembang berikutnya yaitu hendaknya lebih memperhatikan pemilihan materi pemilihan warna dan gambar pemilihan ornamen atau hiasan dan penggunaan media pembelajaran agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item