Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan strategi pembelajaran diskoveri-inkuiri sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Devy Istika Tresnaning Prajawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan strategi pembelajaran diskoveri-inkuiri sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Devy Istika Tresnaning Prajawati

Devy Istika Tresnaning Prajawati (2010) Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan strategi pembelajaran diskoveri-inkuiri sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Devy Istika Tresnaning Prajawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prajawati Devy Istika Tresnaning. 2008. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi- Masyarakat dengan Strategi Pembelajaran Diskoveri-Inkuiri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Drs. Sarwono M.Pd. Kata kunci Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Strategi Pembelajaran Diskoveri-Inkuiri kemampuan berpikir tingkat tinggi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X-2 SMA Negeri 10 Malang strategi pembelajaran yang masih sering digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori dengan metode diskusi. Siswa berdiskusi tentang materi yang ada di buku teks. Meskipun strategi pembelajaran ini menuntut siswa untuk aktif tetapi pada kenyataannya membuat siswa semakin bosan bahkan banyak di antara mereka yang membuat kegaduhan. Hal ini disebabkan siswa mengkaji ulang materi yang sudah jadi sehingga membuat siswa cenderung bosan. Pembelajaran tersebut mengakibatkan aktivitas belajar siswa kurang dan juga tidak dapat menggali kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak maksimal. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan antara isu-isu (masalah) sains teknologi dan masyarakat sedangkan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri adalah salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa terlibat aktif menggunakan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip materi yang sedang dipelajari. Penggabungan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa. Alasan ini mendasari penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri dalam penelitian. Berdasarkan hasil observasi peneliti merumuskan masalah Apakah penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 10 Malang serta bagaimana respons siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan Tujuan dari penelitian penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi serta mengetahui respons siswa kelas X-2 SMA Negeri 10 Malang terhadap pembelajaran yang dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 38 Siswa 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar diperoleh dalam penelitian selama 2 siklus. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi bisa diperoleh dari tingkat pertanyaan dan jawaban yang diajukan siswa kemudian dikumpulkan oleh observer yang terekam dalam lembar observasi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dari skor pre-tes dan post-tes yang diberikan peneliti pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Persentase pertanyaan tingkat tinggi siswa pada siklus I sebesar 42 86% sedangkan persentase pertanyaan tingkat tinggi siswa siklus II sebesar 57 89%. Persentase jawaban dengan analisis tinggi siswa siklus I sebesar 51 43% sedangkan pada siklus II sebesar 59 08%. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan persentase pertanyaan dan jawaban tingkat tinggi siswa dari siklus I ke siklus II dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat. (2) Penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata skor post-tes siswa siklus I sebesar 77 55 sedangkan siklus II sebesar 87 95. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 60 52% dan siklus II sebesar 89 47%. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa ada peningkatan skor rata-rata post-tes siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. (3) Penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri di kelas X-2 SMA Negeri 10 Malang mendapat respons positif dari siswa dengan nilai rata-rata 74 67%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru biologi agar menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STM melalui strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri pada materi yang berbeda dan dalam pembelajaran ini disarankan guru membentuk team teaching untuk mempermudah dalam membimbing siswa selain itu bagi peneliti yang lain disarankan melakukan penelitian ini di sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item View Item