Pembelajaran bahasa Arab di SMAN 5 Kediri / Diah Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di SMAN 5 Kediri / Diah Permatasari

Diah Permatasari (2008) Pembelajaran bahasa Arab di SMAN 5 Kediri / Diah Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMAN 5 Kediri adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah yang mengajarkan Bahasa Arab sebagai mata pelajaran pilihan untuk kelas X berdasarkan KTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Arab di SMAN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian adalah siswa kelas X guru bahasa Arab dan kepala SMAN 5 Kediri. Peneliti bertindak sebagai instrumen inti dan instrumen bantu yang digunakan adalah pedoman wawancara pedoman observasi angket dan pedoman analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi angket dan dokumentasi. Langkahlangkah analisis data yang dilakukan adalah (1) pengecekan catatan di lapangan (2) reduksi data (3) penyajian data (a) identifikasi (b) klasifikasi (c) penyusunan (d) penjelasan data secara sistematis obyektif dan menyeluruh dan (e) pemaknaan serta (4) penyimpulan hasil penelitian. Untuk menguji validitas hasil temuan penelitian dilakukan trianggulasi. Hasil penelitian ini yaitu Tujuan pembelajaran Bahasa Arab di SMAN 5 Kediri perlu diperinci sesuai dengan kebutuhan sekolah. Latar belakang pendidikan guru adalah non pendidikan bahasa/sastra Arab. Latar belakang pendidikan input siswa kelas X adalah sebagian besar siswa lulusan SD dan SMP. Perencanaan pembelajaran meliputi (a) kurikulum yang digunakan adalah KTSP (b) jadwal pertemuan setiap hari Senin Selasa dan Rabu dengan alokasi waktu 2 x 45 menit untuk masing-masing kelas setiap minggunya (c) guru membuat rencana pembelajaran yang terdiri atas standar kompetensi kompetensi dasar indikator tujuan pembelajaran uraian materi langkah-langkah pembelajaran media sumber belajar dan penilaian (d) menggunakan silabus dari SMA 1 Patianrowo Nganjuk (e) guru menyusun program tahunan dan program semester program mingguan dan KKM dengan sepengetahuan kepala sekolah. Pelaksanaan pembelajaran meliputi (a) buku teks yang digunakan disusun sendiri oleh guru dengan sepengetahuan pihak sekolah yang materinya diambil dari beberapa sumber disesuaikan kebutuhan siswa (b) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode campuran (c) media pembelajaran yang tersedia belum dimanfaatkan secara optimal sedangkan guru menggunakan benda-benda asli di kelas seperti buku meja kursi dan buku teks (d) teknik penilaian dilaksanakan selama proses belajar mengajar berlangsung dan melalui tes yang terdiri atas tugas rumah ulangan harian UTS dan UAS. Bentuk tes adalah tes tertulis dan tes lisan dengan jenis tes esai dan mengisi. Faktor pendukung PBA yaitu motivasi dan minat siswa bahasa Arab adalah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh siswa kelas X baik muslim maupun nonmuslim serta kepedulian kepala sekolah terhadap PBA. Adapun faktor penghambat pembelajaran yaitu rendahnya kemampuan awal siswa latar belakang pendidikan siswa heterogen ii kurangnya media pembelajaran guru bahasa Arab bukan berlatar belakang pendidikan Bahasa Arab/Sastra Arab dan belum adanya MGMP. Untuk meminimalisir hambatan-hambatan tersebut dilakukan beberapa langkah seperti memberikan jam belajar tambahan dan menciptakan enjoyfull learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan beberapa saran kepada kepala sekolah guru siswa dan Diknas yaitu mengupayakan peningkatan mutu PBA mengangkat guru yang sesuai dengan bidangnya menerapkan metode yang lebih efektif pengadaan dan pemanfaatan media pembuatan buku pedoman khusus serta pembentukan MGMP bahasa Arab agar PBA dapat berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245955

Actions (login required)

View Item View Item