Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang / Indarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang / Indarwati

Indarwati (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang / Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMA Negeri 8 Malang kebanyakan menggunakan metode ceramah yang diselingi tanya jawab dan diskusi yang pembentukan kelompoknya tanpa memperhatikan kemampuan akademik sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung belajar dengan teman-teman akrabnya saja. Hal ini mengakibatkan pada saat diskusi siswa lebih banyak membicarakan hal lain di luar pelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Dari hasil observasi diketahui ketuntasan belajar siswa kelas X.5 sebesar 62.2%. Salah satu cara untuk mengatasi pembelajaran yang kebanyakan menggunakan metode ceramah pembentukan kelompok yang tidak diacak berdasarkan kemampuan akademik dan masih rendahnya ketuntasan belajar maka dapat dilakukan pengembangan strategi pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division). STAD merupakan bentuk pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan belajar kelompok sebab siswa secara aktif melakukan diskusi kerjasama saling membantu dan semua anggota kelompok mempunyai peran dan tanggung jawab yang sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang pada bulan September-Nopember 2007. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 37 orang. Data penelitian ini berupa aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diketahui dari lembar observasi sedangkan prestasi belajar siswa diketahui dari selisih skor ulangan siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor ulangan siklus I dan siklus II menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai skor 61619 75 dan daya serap klasikal 85% siswa yang mencapai skor 61619 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 18.5% yaitu dari 53.7% pada siklus I menjadi 72.2% pada siklus II. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 86.4 dengan ketuntasan belajar sebesar 81% sedangkan pada siklus II rata-rata prestasi belajarnya sebesar 95 6 dengan ketuntasan belajar sebesar 97.3%. Jadi ketuntasan belajar meningkat dari siklus ke siklus II sebesar 16.3%. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan penerapan pembelajaran biologi dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24595

Actions (login required)

View Item View Item