Pengaruh strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) + TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan berpikir keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMPN 4 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Kurnia Nu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) + TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan berpikir keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMPN 4 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Kurnia Nu

Kurnia Nurul Habibah (2009) Pengaruh strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) + TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan berpikir keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMPN 4 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Kurnia Nu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan berpikir selama pembelajaran sangat penting dan strategis. Banyak kajian yang menemukan adanya hubungan antara penalaran formal dengan prestasi belajar academic life skill serta dalam pemahaman konsep. Salah satu komponen yang dapat menunjang kemampuan berpikir adalah metakognisi (keterampilan metakognitif). Kemampuan berpikir dan keterampilan metakognitif dapat diberdayakan melalui strategi pembelajaran yang menggunakan pertanyaan yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran PBMP. Strategi pembelajaran yang dipilih adalah PBMP yang tergabung dalam pembelajaran kooperatif TPS. Selain strategi pembelajaran hasil belajar siswa dipengaruhi pula oleh kondisi awal siswa sehingga perlu pula dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir ketrampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah (1) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran PBMP TPS kemampuan akademik serta interaksinya terhadap kemampuan berpikir (2) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran PBMP TPS terhadap keterampilan metakognitif (3) bagaimana pengaruh strategi pembelajaran PBMP TPS terhadap pemahaman konsep . Penelitian ini dilakukan untuk memberdayakan kemampuan berpikir dan keterampilan metakognitif siswa melalui strategi pembelajaran PBMP TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol (diajar dengan pembelajaran lazim) dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen (diajar dengan strategi pembelajaran PBMP TPS). Analisis yang digunakan adalah anakova untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBMP TPS kemampuan akademik serta interaksinya pada kemampuan berpikir keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik sedangkan kemampuan akademik tidak berpengaruh. Ketrampilan metakognitif dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik sedangkan interaksi keduanya tidak bepengaruh. Pemahaman konsep dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik sedangkan interaksi antara keduanya tidak berpengaruh. Dari hasil penelitian tersebut nampak bahwa PBMP TPS memiliki potensi dalam memberdayakan kemampuan berpikir ketrampilan metakognitif dan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item