Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada topik sel subtopik transpor pada membran sel untuk siswa kelas XI SMA Negeri I Bangil / Alexia Sadiyah Nuril Amri

Alexia Sadiyah Nuril Amri (2009) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada topik sel subtopik transpor pada membran sel untuk siswa kelas XI SMA Negeri I Bangil / Alexia Sadiyah Nuril Amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar biologi tidak dapat dilakukan di dalam kelas saja, tetapi juga perlu ada pengamatan baik yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini karena objek biologi yang berupa makhluk hidup sehingga diperlukan proses sains untuk mencocokkan teori yang didapat dengan kenyataan. Hal yang sering terjadi adalah bahwa objek biologi yang diamati tersebut bersifat abstrak terutama yang menyangkut transpor pada membran sel. Oleh karena itu keberadaan media sangat diperlukan. Dengan media yang dapat mengintegrasikan teks, gambar, dan suara diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi mengenai transpor pada membran. Selain itu dengan media CD interaktif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengembangkan suatu media pembelajaran harus mengikuti langkah-langkah yang prosedural yaitu 1) analisis kebutuhan media, 2) analisis karakteristik siswa, 3) perumusan tujuan pembelajaran, 4) perumusan materi pembelajaran, 5) penyusunan alat evaluasi, 6) produksi media, dan 7) tes dan revisi media. Media CD interaktif yang dikembangkan mempunyai karakteristik yang menjadi spesifikasi multimedia yang dihasilkan yaitu meliputi a) bahan penarik perhatian, b) tujuan pembelajaran, c) petunjuk penggunaan, d) penyampaian materi, e) balikan, dan f) evaluasi. Berdasarkan data hasil validasi, ahli media memberikan nilai 86,875% dan ahli materi memberikan nilai 89%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan bernilai valid dan merekomendasikan bahwa media sudah layak dan tidak perlu revisi. Selain itu media CD interaktif juga diujikan kepada responden kelompok kecil untuk mengetahui persepsi siswa mengenai media. Berdasarkan nilai perolehan angket penilaian siswa, responden kelompok kecil menyatakan bahwa media CD interaktif sangat menarik serta mendukung dalam proses belajar. Selanjutnya dilakukan uji terapan kelompok besar setelah media direvisi sesuai dengan kritik dan saran dari ahli media, ahli materi dan responden kelompok kecil. Uji terapan dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2008 di SMAN I Bangil dengan jumlah responden sebanyak 34 siswa. Uji terapan dilaksanakan selama 2x45 menit. Pada uji terapan siswa menyatakan tertarik dengan media yang dikembangkan dan lebih bersemangat dalam belajar serta dapat memotivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan supaya guru tetap mendampingi siswa selama belajar, sebelum kegiatan belajar mandiri dilaksanakan sebaiknya guru memberikan arahan mengenai pengoperasian multimedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24589

Actions (login required)

View Item View Item