Pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 / Siti Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 / Siti Nuraini

Nuraini, Siti (2013) Pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 / Siti Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 2 merupakan salah satu MI Negeri di Malang yang mengajarkan bahasa Arab. Media pembelajaran yang digunakan di MIN Malang 2 cukup bervariasi. Media sebagai salah satu penunjang dalam pembelajaran bahasa Arab. Media sebagai alat pembawa pesan pembelajaran dari guru kepada siswa. Dengan media pesan pembelajaran dapat disampaikan dengan mudah. Apalagi di era globalisasi ini banyak media pembelajaran yang telah dirancang dengan kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut (1) jenis media PBA (2) teknik pemanfaatan media dalam PBA (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media dalam PBA (4) respon siswa terhadap pemanfaatan media dalam PBA. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan para siswa kelas VA MIN Malang 2. Peneliti bertindak sebagai instrumen inti. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen bantu yang digunakan adalah pedoman wawancara angket pedoman observasi dan pedoman telaah dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (a) reduksi data (b) sajian data dan (c) penarikan kesimpulan dan verifikasinya. Untuk menguji keabsahan temuan dilakukan pelaksanaan teknik pemeriksaan yaitu perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan triangulasi (membandingkan sumber data yang satu dengan sumber data yang lain) pengecekan sejawat dan kepada orang yang dianggap ahli kecukupan referensial kajian kasus negatif pengecekan anggota dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab di kelas VA MIN Malang 2 adalah sebagai berikut (1) jenis-jenis media yang dimanfaatkan diantaranya papan tulis komputer LCD CD interaktif CD pembelajaran mading kelas buku paket terbitan TS (Tiga Serangkai) short card dan lagu. (2) Teknik pemanfaatan media cukup bervariasi dan inovatif pemanfaatan CD interaktif merupakan media yang teknik pemanfaatannya menggunakan metode eklektik. (3) Adapun faktor pendukung pemanfaatan media adalah fasilitas dari sekolah tersedianya dana keterampilan guru dan siswa dalam membuat media. Sedangkan faktor penghambat pemanfaatan media meliputi kesibukan guru karena merangkap di bidang yang lain dan rusaknya laboratorium bahasa. (4) Respon siswa kelas VA dalam pemanfaatan media pembelajaran di MIN Malang 2 sangat baik khususnya pada pemanfaatan media CD interaktif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti memberi saran kepada (a) kepala sekolah agar tetap membantu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan dukungannya terhadap PBA utamanya pada aspek pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab (b) guru bahasa Arab agar lebih berupaya keras meningkatkan secara kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab (c) peneliti selanjutnya hendaknya menggali informasi baru tentang media PBA dan dapat membuat kreasi media PBA yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245856

Actions (login required)

View Item View Item