Pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) MAN Lumajang / Vivin Zuyyina Lutfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) MAN Lumajang / Vivin Zuyyina Lutfah

Lutfah, Vivin Zuyyina (2016) Pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) MAN Lumajang / Vivin Zuyyina Lutfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lutfah Vivin Zuyyina. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) MAN Lumajang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd (2) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I. Kata kunci pembelajaran bahasa arab LPBA MAN Lumajang Perkembanganilmupengetahuan teknologidaninformasi yang pesattelahmenyebabkanterjadinya proses perubahandalamsegalaaspekkehidupan termasukpendidikanLembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) adalah salah satu unit program pengembangan dan pengajaran bahasa asing yang dimiliki oleh MAN Lumajang dan menjadi program unggulan dalam mengembangkan bahasa asing khususnya bahasa arab. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap eksistensi perkembangan bahasa di MAN Lumajang khususnya bahasa Arab menjadikan Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) ini sebagai program unggulan dan merupakan satu-saatunya progam intesif pembelajaran bahasa Arab di kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskpsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di LPBA MAN Lumajang (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di LPBA MAN Lumajang dan (3) pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran bahasa Arab di LPBA MAN Lumajang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptifkualitatif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Adapun instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi wawancara pembagian angket dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikankesimpulan. Dalam penelitian ini untuk menguji validitas data digunakan teknikpensahihan data. Hasil penelitian dibuatdalambentuk perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran di LPBA MAN Lumajang. Perencanaan pembelajaran diLPBA yang meliputi progam tahunan program semester silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran berbeda dengan perencanaan pembelajaran kelas reguler. Pelaksanaan pembelajaran di LPBA MAN Lumajang meliputi metode pembelajaran bahan ajar dan media pembelajaran. Metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode hafalan terjemah audiolingual gabungan dan langsung serta dikombinasikan dengan lagu untuk mempermudah dalam menghafalkan. Bahan ajar yang digunakan adalah 1603 1578 1575 1576 1575 1604 1583 1585 1608 1587 1604 1578 1593 1604 1610 1605 1575 1604 1593 1585 1576 1610 1577 yang diterbitkan oleh MAN Lumajang pada tahun 2013 karangan tim LPBA MAN Lumajang. Dalam segi media pembelajaran guru hanya menggunakan buku pegangan dan papan tulis. Penilaian pembelajaran bahasa Arab di LPBA MAN Lumajang ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab serta bertujuan sebagai syarat utama kenaikan siswa kelas X ke kelas XI. Pelaksanaan evaluasi terdiri atas evaluasi harian yang dilaksanakan tiap pertemuan KBM dengan bentuk tes lisan yaitu menghafalkan kosakata dan percakapan sederhana dan evaluasi ujian akhir LPBA yang dilaksanakan tiap tahun pada akhir masa pembelajaran LPBA dengan bentuk tes tulis. Aspek penilaian mata pelajaran bahasa Arab pada kelas LPBA adalah pengucapan (kalam) kelancaran dan intonasi yang digambarkan dalam bentuk angka sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Saran bagi lembaga dan sekolah hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas LPBA. Sedangkan bagi guru adalah dengan melaksanakan PBM sesuai dengan RPP yang telah dibuat secara komprhensif serta lebih variatif dalam penggunaan media dan pemilihan metode yang cocok untuk setiap maharah. Dan bagi siswa diharapkan untuk tetap semangat dalam belajar bahasa Arab baik dikelas maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245843

Actions (login required)

View Item View Item