Pengembangan modul biologi dengan pendekatan kontekstual materi keanekaragaman hayati untuk kelas X di SMA Negeri 2 Malang / Endah Sefitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi dengan pendekatan kontekstual materi keanekaragaman hayati untuk kelas X di SMA Negeri 2 Malang / Endah Sefitri

Endah Sefitri (2009) Pengembangan modul biologi dengan pendekatan kontekstual materi keanekaragaman hayati untuk kelas X di SMA Negeri 2 Malang / Endah Sefitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu prinsip pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan pengayaan dan atau percepatan sesuai dengan potensi tahap perkembangan dan kondisi peserta didik. Berdasarkan hasil analisis konteks di SMA Negeri 2 Malang ditemukan kenyataan minimnya sumber belajar berupa bahan ajar yang dimiliki siswa LKS yang dimiliki siswa kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri teknik mengajar guru yang kurang menarik perhatian siswa dan tidak adanya pemberian peranan terhadap perbedaan individual di antara siswa. Solusi atau pemecahan masalah tersebut adalah dengan dikembangkannya suatu modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul biologi dengan pendekatan kontekstual materi keanekaragaman hayati untuk kelas X di SMA Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modul. Prosedur pengembangan modul meliputi pengkajian potensi dan masalah pengumpulan data desain produk revisi desain uji coba produk dan revisi penyempurnaan produk. Subjek validasi modul (validator) adalah dua orang dosen biologi Universitas Negeri Malang dan dua orang guru biologi SMA Negeri 2 Malang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi (1) data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator dan siswa nilai hasil uji coba modul ke siswa alokasi waktu yang diperlukan siswa untuk mengerjakan modul dan (2) data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator deskripsi keterlaksanaan uji coba modul dan kesulitan siswa selama mengerjakan modul. Hasil pengembangan ini berupa modul dalam dua kegiatan belajar yaitu (1) konsep keanekaragaman hayati dan (2) keanekaragaman hayati Indonesia usaha pelestarian dan pemanfaatannya. Masing-masing kegiatan belajar menerapkan strategi umum dalam pendekatan kontekstual (relating experiencing cooperating applying transferring dan evaluating). Hasil penilaian dari para validator sebesar 85 05% yang berarti cukup valid sedangkan penilaian dari siswa sebesar 87 17% yang berarti cukup valid. Alokasi waktu yang dibutuhkan siswa untuk mengerjakan modul kegiatan belajar I menunjukkan rerata sebesar 134 16 menit dan 159 menit untuk kegiatan belajar II. Uji coba modul menunjukkan lebih dari 75% siswa sampel telah menyelesaikan modul dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian dan uji coba maka modul yang dikembangkan telah dapat digunakan dalam pembelajaran biologi SMA kelas X. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan (1) modul ini perlu untuk diuji coba pemakaian dengan lingkup yang lebih luas (2) kegiatan evaluasi sebaiknya dilakukan sendiri oleh siswa (3) adanya modul remidial yang disediakan bagi siswa yang lamban dan mengalami kesulitan belajar dan (4) perlu adanya pengembangan modul dengan materi lain yang lebih menarik dan sempurna dengan pendekatan kontekstual sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan juga dalam rangka menyongsong Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24583

Actions (login required)

View Item View Item