Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan / F.X. Gamaliel - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan / F.X. Gamaliel

F.X. Gamaliel (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan / F.X. Gamaliel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama membutuhkan strategi yang dapat menarik motivasi siswa dalam belajar sekaligus melatih siswa melakukan penyelidikan mengenai masalah yang dihadapi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas VII SMP Dewantoro Purwosari diketahui bahwa motivasi siswa rendah sehingga prestasi yang diraih juga rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi siswa juga dapat mengalami peningkatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Untuk itu peneliti dengan persetujuan guru kelas menerapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilakukan di SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan tanggal 20 November sampai 28 Desember 2006. Penelitian ini dilaksanakan dalam rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Siklus I membahas ciri-ciri makhluk hidup sedangkan siklus II membahas klasifikasi makhluk hidup. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji semua data yang diperoleh. Setelah pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) diterapkan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi serta prestasi belajar siswa. Terjadi peningkatan nilai pada semua aspek motivasi menjadi sangat baik yaitu aspek Attention (perhatian) naik sebesar 0 73 Relevance (keterkaitan) naik sebesar 0 46 Confidence (percaya diri) naik sebesar 0 65 dan Satisfaction (kepuasan) naik sebesar 0 30. Prestasi belajar yang terdiri dari aspek kognitif afektif serta psikomotor juga mengalami peningkatan. Dalam aspek kognitif terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 81% pada siklus I menjadi 87 5% pada siklus II. Untuk aspek afektif yang terdiri dari aspek keaktifan keantusiasan dan keseriusan terjadi peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Aspek psikomotorik siswa yang terdiri dari aspek kreativitas dan proses juga mengalami peningkatan dari 50% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24579

Actions (login required)

View Item View Item