Tahlil al-jumal a-ismiyyah fi kitab al-akhlaq li al-band li asy Syeh Umar bin Ahmad Baroja / Rizqiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Tahlil al-jumal a-ismiyyah fi kitab al-akhlaq li al-band li asy Syeh Umar bin Ahmad Baroja / Rizqiyani

Rizqiyani (2014) Tahlil al-jumal a-ismiyyah fi kitab al-akhlaq li al-band li asy Syeh Umar bin Ahmad Baroja / Rizqiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizqiyani. 2014. Analisis Jumlah Ismiyah dalam Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat Karangan Umar Bin Ahmad Baroja. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Syatibi Nawawi M.Pd. (2) Dr. Syafaat M. Ag. Kata Kunci Nahwu Jumlah Ismiyah Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat Ilmu Nahwu merupakan salah satu ilmu kebahasaaraban yang digunakan untuk mengembangkan 4 kemahiran dalam bahasa Arab. Penelitian ini fokus pada salah satu materi dalam ilmu nahwu yaitu analisis jumlah ismiyah dengan beberapa sebab pertama Jumlah Ismiyah merupakan salah satu bentuk jumlah (kalimat) dasar dalam bahasa Arab yang kedua pembahasan jumlah fi liyah terdapat dalam isi materi tentang jumlah ismiyah oleh karena itu peneliti memilih jumlah ismiyah sebagai objek dalam penelitiannya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jumlah ismiyah dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat yang meliputi (1) macam-macam mubtada dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat (2) macam-macam khabar dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat (3) susunan jumlah ismiyah dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat jilid pertama karangan Amran Bin Ahmad Baraja. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang terdapat dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat jilid pertama karangan Umar Bin Ahmad Baraja yang meliputi macam-macam mubtada macam-macam khabar dan susunan jumlah ismiyah. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa dirinya sendiri (human instrument). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa mubtada dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat terdiri dari (1) mubtada isim mu rab yang meliputi mubtada isim alam mubtada isim yang didahului Al dan mubtada isim yang diidhofahkan pada isim ma rifat (2) mubtada isim mabni yang meliputi mubtada isim dhamir mubtada isim isyarah dan mubtada isim syarat . Diantara bentuk-bentuk mubtada tersebut yang paling banyak adalah mubtada isim dhomir . Adapun khabar dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat terdiri dari (1) khabar mufrad (2) khabar jumlah yang meliputi khabar jumlah ismiyah dan khabar jumlah fi liyah dan (3) khabar syibhul jumlah yang meliputi khabar jar majrur. Jumlah ismiyah dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banaat meliputi jumlah yang mendahulukan mubtada dan mengakhirkan khabar dan jumlah yang mendahulukan khabar dan mengakhirkan mubtada . Peneliti berharap akan ada penelitian lain yang sama dengan penelitian ini akan tetapi dalam kitab yang lainnya. Sebagaimana peneliti juga berharap penelitian ini akan bermanfaat bagi peneliti sendiri mahasiswa jurusan sastra Arab dan pengajar bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran dan pengajaran ilmu nahwu ataupun materi-materi yang berkaitan dengan jumlah ismiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245784

Actions (login required)

View Item View Item