Al-Muhassinaat al-lafdziyah wa al-muhassinaat al-ma'nawiyyah fi suurati al-Kahfi / Rizqiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Al-Muhassinaat al-lafdziyah wa al-muhassinaat al-ma'nawiyyah fi suurati al-Kahfi / Rizqiyana

Rizqiyana (2014) Al-Muhassinaat al-lafdziyah wa al-muhassinaat al-ma'nawiyyah fi suurati al-Kahfi / Rizqiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizqiyana. 2014. Al-Muhassinaat Al-Lafdziyah dan Al-Muhassinaat Al-Ma nawiyah dalam Surat Al-Kahfi . Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Kholisin M. Hum. (2) Dr. Syafaat M.Ag. Kata Kunci Al-Muhassinaat Al-Lafdziyah Al-Muhassinaat Al-Ma nawiyah Surat Al-Kahfi Al-Qur an memiliki kemu jizatan dari segi bahasa yaitu keindahan gaya bahasanya. Keindahan gaya bahasa Al-Qur an dari segi ilmu balaghah merupakan dasar dari penelitian ini khususnya ilmu badi . Penelitian ini memberikan pengetahuan mengenai gaya bahasa badi di dalam surat al-kahfi yaitu al-muhassinaat al-lafdziyah dan al-muhassinaat al-ma nawiyah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Al-muhassinaat al-lafdziyah dan al-muhassinaat al-ma nawiyah dalam surat al-kahfi yang meliputi (1) Ayat-ayat yang mengandung al-muhassinaat al-lafdziyah di dalam surat al-kahfi (2) Ayat-ayat yang mengandung al-muhassinaat al-ma nawiyah di dalam surat al-kahfi (3) Macam-macam al-muhassinaat al-lafdziyah di dalam surat al-kahfi (4) Macam-macam al-muhassinaat al-ma nawiyah di dalam surat al-kahfi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif kuantitatif. Sumber datanya adalah kitab Al-Qur an al-karim khususnya surat al-kahfi. Data-datanya berupa ayat-ayat yang mengandung al-muhassinaat al-lafdziyah dan al-muhassinaat al-ma nawiyah di dalam surat al-kahfi dan macam-macamnya. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dan instrumen tambahannya adalah tabel data untuk memudahkan pengumpulan dan analisis data. Adapun analisis data disempurnakan dengan pengklasifikasian dan penentuan ayat-ayat yang didalamnya terdapat al-muhassinaat al-lafdziyah dan al-muhassinaat al-ma nawiyah dari segi jenisnya kemudian menganalisis ayat-ayat yang digolongkan ke dalam al-muhassinaat al-lafdziyah dan al-muhassinaat al-ma nawiyah satu per-satu. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa jumlah ayat yang mengandung al-muhassinaat al-lafdziyah di dalam surat al-kahfi ada delapan puluh satu ayat dan macam-macamnya ada 3 macam yaitu jinas saja dan muwazanah. Sedangkan jumlah ayat yang mengandung al-muhassinaat al-ma nawiyah di dalam surat al-kahfi ada dua puluh satu ayat dan macam-macamnya ada 10 macam yaitu al-thibaq al-muqabalah al-tauriyah al-uslub al-hakim al-jam u al-jam u ma a al-taqsim al-jam u ma a al-tafriq mura ah al-nadziir tajahul al- arif al-musyakalah. Peneliti berharap akan ada penelitian lain yang sama dengan penelitian ini pada surat yang lain ataupun kitab tertentu. Peneliti juga berharap penelitian ini akan bermanfaat bagi mahasiswa jurusan sastra Arab dan pengajar bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran dan pengajaran ilmu balaghah ataupun khususnya dalam ilmu badi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245783

Actions (login required)

View Item View Item