Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ardhitya Dewi Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ardhitya Dewi Kumalasari

Ardhitya Dewi Kumalasari (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ardhitya Dewi Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Observasi awal yang dilakukan peneliti selama melakukan Praktek Pengalaman Lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang ada beberapa masalah antara lain (1) motivasi belajar sis-wa sangat kurang hal itu terlihat ketika pembelajaran berlangsung siswa selalu ra-mai berbicara dengan teman dan sering ijin keluar dan tidak kembali ke kelas (2) dalam menyelesaikan suatu tugas siswa dengan karakteristik yang sama cende-rung untuk mengelompok menjadi satu termasuk siswa yang merasa memiliki ke-mampuan yang sama juga mengelompok menjadi satu sehingga terbentuk kelom-pok-kelompok homogen yang tidak seimbang di kelas (3) metode ceramah yang diterapkan oleh guru tidak menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar de-ngan sungguh-sungguh sehingga mempengaruhi hasil belajarnya dimana setiap tes selalu ada siswa yang tidak tuntas belajar yang jumlahnya 8805 50% jumlah siswa di kelas. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian dengan mengguna-kan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan pende-katan kualitatif dan dirancang dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang semester genap tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa. Motivasi belajar siswa meningkat sebesar 31 48% yaitu dari 46 15% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 77 63% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 81 94% pada siklus I menjadi 89 18% pada siklus II dan siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 79 49% pada siklus I menjadi 97 44 % pada siklus II. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa menyukai dan lebih termotivasi untuk belajar Biologi setelah mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Berdasarkan penelitian tersebut ketika menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) guru diharapkan lebih memberi bim-bingan dan memperhatikan penggunaan waktu selain itu sebaiknya guru Biologi menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu metode yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) sehingga metode pembelajaran ini disarankan untuk diterapkan di kelas. Selain itu perlu juga dilakukan penelitian sejenis pada konsep-konsep Biologi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24578

Actions (login required)

View Item View Item