Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X8 SMAN 5 Malang pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia / Ida Ayu Gede Prima Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X8 SMAN 5 Malang pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia / Ida Ayu Gede Prima Wulandari

Ida Ayu Gede Prima Wulandari (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X8 SMAN 5 Malang pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia / Ida Ayu Gede Prima Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil Observasi awal yang dilakukan di kelas X8 SMAN 5 Malang menunjukkan bahwa sebagian siswa cenderung ramai pada saat guru menjelaskan materi di kelas atau pada saat guru meminta siswa untuk berdiskusi kelompok. Siswa cenderung individual dan interaksi dengan teman masih kurang. Siswa tidak terlalu aktif dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan pada saat guru melaksanakan proses tanya jawab. Guru bidang studi biologi dan mahasiswa PPL biologi yang mengajar di kelas X8 menyampaikan bahwa di kelas tersebut sudah pernah diterapkan beberapa model pembelajaran kooperatif seperti STAD GI dan model pembelajaran kooperatif yang mengandung unsur permainan. Walaupun demikian hasil belajar siswa kurang optimal jika dibandingkan dengan kelas yang lain. Berdasarkan fenomena yang ada maka peneliti melakukan pembelajaran yang memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk bertukar pendapat dan saling melengkapi informasi dengan temannya. Selain itu siswa juga terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu). Tujuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah (1) mengetahui peningkatan proses belajar siswa kelas X8 pokok bahasan Aliran Energi dan Daur Biogeokimia (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X8 pokok bahasan Aliran Energi dan Daur Biogeokimia (3) mengetahui persepsi siswa kelas X8 terhadap penerapan pembelajaran koperatif model Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) Refleksi. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan subjek penelitian adalah Kelas X8 sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan tes subjektif pada tiap akhir siklus pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2007 sampai dengan 5 Juni 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I persentase rata-rata siswa yang aktif bertanya aktif menjawab mengemukakan pendapat mengerjakan LKS menjelaskan materi kepada anggota kelompok dan bekerjasama mengalami peningkatan baik pada kelompok awal maupun kelompok TSTS. Pada kelompok awal proses belajar siswa meningkat sebesar 28 16% yaitu dari 59 41% pada siklus I menjadi 87 57% pada siklus II. Pada kelompok TSTS meningkat sebesar 26 72% yaitu dari 64 71% pada siklus I menjadi 91 43% pada siklus II (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 67 54 pada siklus I menjadi 75 63 pada siklus II sehingga ketuntasan belajar juga meningkat dari 48 65% menjadi 86 84%.(3) respons siswa kelas X8 terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TSTS bahwa bahwa dapat meningkatkan keaktifan dan dan hasil belajar tidak membosankan serta model ini perlu dikembangkan Hal ini berarti bahwa pelaksanakan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas X8 SMAN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24576

Actions (login required)

View Item View Item