Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer berbasis programmed instruction unutk menjelaskan proses gametogenesis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang / Eko Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer berbasis programmed instruction unutk menjelaskan proses gametogenesis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang / Eko Susilowati

Eko Susilowati (2009) Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer berbasis programmed instruction unutk menjelaskan proses gametogenesis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang / Eko Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan beberapa siswa SMAN 2 Malang diperoleh informasi bahwa materi gametogenesis sulit diterima oleh para siswa. Hal ini diindikasi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan remidi yaitu lebih dari 75%. Banyaknya siswa kelas XI IPA yang melakukan remidi mengindikasikan bahwa siswa belum memahami konsep gametogenesis. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan kurang mampu memberikan pengalaman belajar yang langsung bagi siswa. Pengalaman belajar yang masih abstrak bagi siswa di kelas XI ini diatasi dengan memproduksi media pembelajaran yang diterapkan di SMAN 2 Malang. Media pembelajaran yang diproduksi adalah media pembelajaran biologi berbantuan komputer berbasis Programmed Instruction yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran individual. Media pembelajaran berbantuan komputer ini memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna musik dan animasi grafik (graphic animation). Keberadaan animasi dapat memperjelas uraian konsep sehingga pemahaman konsep lebih mudah jika dibandingkan dengan memakai sumber belajar berupa buku teks. Media pembelajaran berbantuan komputer berbasis Programmed Instruction ini juga mampu memberikan balikan (feedback) sehingga siswa dapat aktif berinteraksi dengan media yang diprodukasi. Selain itu media juga dapat meningkatkan motivasi dan perhatian siswa untuk belajar dan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih langsung untuk menjelaskan gametogenesis. Prosedur pembelajaran berbantuan komputer ini didasarkan pada pengajaran langsung (Direct Instraction) yang terdiri dari 5 fase yaitu (1) penyampaian tujuan pembelajaran (2) demonstrasi pengetahuan atau ketrampilan (3) latihan terbimbing (4) tes formatif dan umpan balik dan (5) latihan pemantapan dan transfer pengetahuan/ketrampilan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbantuan komputer yang diproduksi memiliki tingkat kelayakan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi terhadap media yang dikembangkan adalah 95% dan 88 195% (layak). Sedangkan hasil validasi audiens satu lawan satu dan kelompok kecil terhadap media yang dikembangkan adalah 96 67% dan 94 68% (layak). Selain itu peningkatan nilai postes dari pretes menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diproduksi efektif untuk pembelajaran individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item