Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TAi (tem assisted individualization) pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto / Annis Nur Alifi

Annis Nur Alifi (2009) Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TAi (tem assisted individualization) pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto / Annis Nur Alifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran di SMPN 1 Gedeg Mojokerto menggunakan metode ceramah, diselingi tanya jawab dan diskusi yang pembentukan kelompoknya tanpa memperhatikan kemampuan akademik, sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung belajar dengan teman sebangku atau teman bermain. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto, pengambilan data pada bulan April-Mei 2007. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto yang berjumlah 41 orang. Data penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa diketahui dari hasil angket dan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diketahui dari selisih skor pretes dan pos tes. Ketuntasan belajar berdasarkan hasil skor postes dengan kriteria ketuntasan belajar minimal (SKM) yang ditentukan SMPN 1 Gedeg Mojokerto. Siswa mencapai ketuntasan belajar minimal jika telah mencapai skor 60 dan daya serap klasikal 80% siswa yang mencapai skor 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II menununjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan persentase masing-masing indikator yaitu indikator Attention sebesar 20,00%, Relevance 20,02%, Confidence 7,93%, dan Satisfaction 26,83%. Skor motivasi rata-rata angket sebelum tindakan 3,13 meningkat menjadi 3,31 setelah pelaksanaan tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 40,00 dan hasil belajar pada siklus II sebesar 46,71 dengan persentase peningkatan sebesar 16,77%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 78,04% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,24%. Jadi, ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 12,20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24571

Actions (login required)

View Item View Item