Penerapan asesmen autentik portofolio pada pembelajaran biologi siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang / Rina Hidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen autentik portofolio pada pembelajaran biologi siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang / Rina Hidayanti

Rina Hidayanti (2009) Penerapan asesmen autentik portofolio pada pembelajaran biologi siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang / Rina Hidayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk asesmen autentik. Hal ini karena tugas-tugas yang diberikan guru menantang siswa agar dapat mengem- bangkan kemampuan pada situasi yang bermakna. Adanya penilaian portofolio memungkinkan siswa menunjukkan kemampuan belajar sekaligus meningkatkan pengetahuan siswa. Di SMAN 2 Malang guru Biologi kelas X-I dan para siswanya belum pernah menerapkan penilaian portofolio. Selain itu berdasarkan observasi awal tampak kurangnya keaktifan belajar siswa terutama dalam hal bertanya menjawab menanggapi maupun kegiatan praktikum. Berdasarkan latar belakang ini maka peneliti mengadakan penelitian penerapan asesmen autentik portofolio pada pembelajaran Biologi siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan portofolio sebagai bentuk asesmen autentik pada mata pelajaran Biologi siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data secara deskriptif kualitatif Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi kegiatan siswa wawancara soal tes akhir siklus dan lembar pengecekan portofolio. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang semester dua tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai akhir portofolio dari siklus I ke siklus II.Rata-rata nilai akhir portofolio siswa pada siklus I sebesar 79 05 meningkat di siklus II sebesar 87 35. Peningkatan nilai akhir portofolio ini juga diikuti dengan meningkatnya aktivitas belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep (pokok bahasan yang sedang dibahas) Saran penelitian (1) guru seharusnya menerapkan penilaian portofolio (2) dalam pelaksanaan penelitian guru harus senantiasa memberikan perhatian dan pengarahan kepada siswa (3) penilaian portofolio hendaknya dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama (4) guru hendaknya memberi sanksi tegas terhadap siswa yang terlambat mengumpulkan portofolio sehingga semua siswa dapat mengumpulkan portofolio tepat waktu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item View Item