Pengembangan modul tematik untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah bagi anak-anak / Dewi Ningtias Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul tematik untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah bagi anak-anak / Dewi Ningtias Setiawati

Setiawati, Dewi Ningtias (2016) Pengembangan modul tematik untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah bagi anak-anak / Dewi Ningtias Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawati Dewi Ningtias. 2016.PengembanganModul Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca danMenulis Huruf Hijaiyah bagi Anak-Anak. Skripsi Jurusan SastraArab FakultasSastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Nurhidayati M.Pd (II)Dr.Lilik Nur Kholidah S.Pd. M.Pd.I. KataKunci ModulTematik BahasaArab BahanAjar Bahasa Arab banyak digunakan oleh penduduk Indonesia karena mayoritas merupakanpemeluk agama Islam yangmenggunakan BahasaArab dalamkegiatanperibadatannya.Olehkarena itupembelajaranBahasa Arabsejak dinibaikuntuktujuanagamamaupunkomunikasipenting untukdilakukan. Namun bahan ajar baca tulis untuk anak-anak yang ada sebagian besar merupakan bahan ajar untuk membaca Al-Quran. Sedangkan yang ditujukan untukpenguasaanketerampilanberbahasa Arabsecara umumkhususnya keterampilan membacadan menulis hurufhijaiyah masihsulitditemukan. Penelitianinibertujuanuntukmengembanganbahanajar berupamodul tematikuntukmeningkatkan kemampuanmembaca danmenulishurufhijaiyah bagianak-anak. Selainitujuga bertujuanuntukmedeskripsikankelayakanproduk tersebut. Penelitianinimenggunakanmetode penelitiandanpengembanganyang mengacupada prosedurpenelitiandanpengembangandariGalldanBorgyang dimodifikasioleh Sukmadinata(Sukmadinata 2013 163)denganpenyesuaian kebutuhandantujuanpeneliti.Desainyang digunakandalampenelitianiniadalah ujicoba eksperimentalmembandingkanhasilpretestdanpotestsubjek. Subjek adalahsiswakelas2SDITAl-MunawwarKotaBatu.Datayang diperolehberupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatifdiperoleh dari angket skor penilaianolehpara ahlipraktisidansiswa.Sedangkandatakualitatifberupa komentardansaranperbaikandaripara ahli danpraktisi.Pengumpulandata menggunakan teknik wawancara observasidanangketskor penilaian.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisisstatistik deskriptif. Berdasarkan hasilanalisisdatadari ahlimateri ahlimedia praktisi (pengajar) danprosesujilapang.Maka diperolehhasildenganmasing-masing persentasesebagaiberikut ahlimateri memberi penilaian80% ahlimedia memberi penilaian 67% praktisimemberi penilaian82% danhasil ujilapang menunjukkanbahwa modultermasukkriteriavaliddenganpersentasekelayakan sebesar 90% dandapatmeningkatkanhasilbelajar membaca danmenulishuruf hijaiyah sebesar 44%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245660

Actions (login required)

View Item View Item