Dewi Nurlitasari (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi kelas X.1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dewi Nurlitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurlitasari Dewi. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas X.1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Soewolo M. Pd. (II) Dra. Sunarmi M. Pd. Kata Kunci Group Investigation (GI) Kerja Ilmiah Hasil Belajar. Pembelajaran Biologi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk tingkatan SMA sederajat dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanju ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri. Pembelajaran biologi menuntut siswa untuk mampu bekerja ilmiah dalam memperoleh pengetahuannya sehingga kerja ilmiah merupakan hal yang sangat esensial. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) di kelas X.1 selama semester satu siswa baru satu kali melakukan praktikum dan belum pernah melakukan kerja ilmiah sehingga kurangnya variasi ini dapat mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan kerja ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kerja ilmiah dalam pembelajaran biologi Kelas X.1 SMA Laboratorium UM. (2) untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran biologi Kelas X.1 SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selam dua siklus. Peneliti sebagai pengelola instrumen perangcang tindakan dan guru. Data yang diperoleh berasal dari siswa dan guru. Instrumen penelitian adalah soal tes lembar observasi dan catatan lapangan. Tahap-tahap penelitiannya meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang pelaksanaannya disesuaikan dengan model pembelajaran model GI. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kerja ilmiah siswa sebelum dan sesudah adanya tindakan dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah diberi tindakan sebesar 2 1%. Dari hasil penelitian dapat disarankan (1) hendakya guru lebih memotivasi siswa dalam melaksanakan seluruh deskriptor kerja ilmiah agar pencapaian kerja ilmiah dapat maksimal yang dapat dilihat dari jumlah siswa yang melakukan masing-masing deskriptor. (2) guru seharusnya mampu menerapkan metode diskusi yang variatif agar siswa tidak merasa bosan dengan metode diskusi yang monoton. (3) guru hendaknya memotivasi siswa untuk benar-benar memahami apa yang dilakukannya sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan. (4) siswa hendaknya mampu mengintregasikan apa yang telah diperolehnya untuk meningkatkan kemampuannya sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |