Penggunan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan kemapuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X-Agama 1 MAN Gondanglegi / Lailatul Zuhrufah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan kemapuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X-Agama 1 MAN Gondanglegi / Lailatul Zuhrufah

Zuhrufah, Lailatul (2016) Penggunan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan kemapuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X-Agama 1 MAN Gondanglegi / Lailatul Zuhrufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuhrufah Lailatul. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Agama-1 MAN Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd (II) Ali Ma sum S.Pd M.A. Kata Kunci Metode Numbered Heads Together Kemampuan Berbicara. Penelitian ini berlatar belakang pada kesulitan siswa pada salah satu keterampilan Bahasa Arab yaitu keterampilan berbicara (Maharah Kalam). Hal ini dikarenakan kurangnya kebiasaan berdialog menggunakan Bahasa Arab dan metode yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di sekolah tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab (Maharah Kalam) adalah dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT). Metode NHT adalah metode yang dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1993. Metode pembelajaran struktural yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran cooperative learning melalui tipe Numbered Heads Together(NHT) pada siswa kelas X Agama-1 Man Gondanglegi dan Peningkatan berbicara bahasa arab siswa kelas X Agama-1 Man Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana yang menjadi ciri khasnya adalah adanya siklus-siklus. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas X-Agama 1 semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari tes setelah pelaksanaan tiap siklus dilengkapi dengan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa kelas X-Agama 1 setelah diterapkan metode NHT dengan nilai rata-rata kelas 63 6 dengan keterangan 18 siswa mencapai KKM dan 12 siswa belum mencapai KKM pada siklus 1. (2) adanya peningkatan terhadap kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa kelas X-Agama 1 setelah menindak lanjuti hal-hal yang kurang pada siklus 1 yaitu dengan nilai rata-rata kelas 80 83 dengan keterangan 26 siswa mencapai KKM dan 4 siswa belum mencapai KKM pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode NHT telah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-Agama 1 MAN Gondanglegi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Arab menerapkan model pembelajaran NHT untuk dapat meningkatkan kemahiran berbicara siswa (maharah kalam). Kepada peneliti lain disarankan melakukan inovasi pembelajaran yang lain sebagai referensi pelaksanaan pembelajaran. Bagi sekolah dan bagi jurusan Sastra Arab hendaknya mengembangkan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245581

Actions (login required)

View Item View Item