Penerapan problem based learning dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan jamur / Yunita Fera Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan jamur / Yunita Fera Rahmawati

Yunita Fera Rahmawati (2009) Penerapan problem based learning dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan jamur / Yunita Fera Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Yunita Fera. 2007. Penerapan Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Proses serta Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMAN 7 Malang Tahun Ajaran 2006/2007 pada Pokok Bahasan Jamur. Skripsi Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Drs. Pudyo Susanto M.Pd. (II) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Berbasis Masalah proses belajar hasil belajar Berdasarkan hasil pengalaman awal peneliti ketika duduk di bangku me-nengah atas yaitu di SMAN 7 Malang yang juga dijadikan sebagai lokasi peneliti-an diperoleh informasi bahwa guru kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain itu bentuk evaluasi yang digunakan di sekolah tersebut adalah jurnal dan tes tulis. Hasil observasi lanjutan diperoleh dari hasil wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas X SMAN 7 Malang. Model pembelajaran Biologi yang sering digunakan adalah diskusi. Model pembelajaran ini dirasakan kurang dapat mengaktifkan siswa dan memotivasi belajar siswa karena selama diskusi hanya siswa tertentu saja yang aktif sedangkan yang lain hanya bersenda gurau dengan teman sebangkunya. Selain itu kondisi siswa sangat heterogen sehingga perbedaan karakteristik siswa dalam pembelajaran sering menimbulkan kesenjangan antara siswa di dalam satu kelas. Peneliti menyarankan pada guru bidang studi untuk menerapkan Problem Based Learning di kelas X-6 sebagai salah satu bentuk usaha dalam mengaktifkan siswa di kelas dan melatih kemandirian siswa dalam menemukan dan menyelesai-kan masalah yang diperolehnya. Terkait dengan saran tersebut maka pada pe-nelitian ini diterapkanlah Problem Based Learning dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar Biologi siswa kelas X SMAN 7 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Malang tanggal 18 Oktober 2007 sampai dengan 6 Januari 2007. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 sebanyak 38 siswa tahun ajaran 2006/2007. Pokok Bahasan yang diajarkan adalah Jamur. Teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi tes formatif pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji semua data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Peningkatan tampak dari adanya peningkatan persentase pada ke-giatan merumuskan masalah menarik hipotesis melakukan pengamatan me-ngumpulkan data menganalisis data menarik kesimpulan pemantapan konsep pengembangan konsep evaluasi bertanya menjawab dan mengemukakan pen-dapat. Hasil belajar dalam bentuk skor mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya jika pada siklus 1 dan siklus 2 ketuntasan belajar belum tercapai maka pada siklus 3 ketuntasan belajar telah tercapai. Hal ini ditunjukkan oleh tercapai-nya skor di atas ketuntasan minimum 65 sebanyak 34 orang siswa dan tercapai pula standar ketuntasan 65% sebanyak 89 47%. Kualitas jawaban dari hasil belajar siswa selain tingkat kognitif konitif C1 (60 26%) dan C2 (33 42%) juga telah menunjukkan tingkat C3 sebesar 7 23% dan C4 sebesar 7 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang. Data tersebut juga didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi dan 10 orang siswa yang dipilih berdasarkan proses dan hasil belajarnya. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa menanggapi dengan antusias Problem Based Learning. Begitu pula guru bidang studi yang ingin menerapkan model ini pada konsep yang lain. Sedangkan hal-hal yang terkait dengan penelitian namun belum tercantum dalam lembar observasi misalnya siswa yang tidak hadir dan situasi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung diperoleh dari catatan lapang-an. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ada beberapa saran yang perlu di-kemukakan dalam meningkatkan proses dan hasil belajar Biologi yaitu 1) pe-tunjuk kerja seyogyanya dibuat sendiri oleh siswa 2) pemantapan materi tidak lagi diberikan oleh guru melainkan siswa yang harus mencari sendiri informasi yang dibutuhkannya dan 3) pentingnya sosialisasi awal kepada observer untuk menyamakan persepsi terhadap berbagai definisi istilah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24556

Actions (login required)

View Item View Item