Anis Amanah (2008) Pengaruh penerapan metode problem posing terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang (pokok bahasan sistem ekskresi) / Anis Amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amanah Anis. 2003. Pengaruh Penerapan Metode Problem Posing Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Soewolo M.Pd. (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M. Si. Kata kunci problem posing prestasi belajar Pembelajaran IPA (sains) saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Setiap proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi mengajar agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Strategi yang menumbuhkan keberhasilan siswa dalam belajar erat kaitannya dengan metode mengajar yang dipakai guru. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode problem posing. Penerapan metode problem posing pada pembelajaran biologi khususnya pada pokok bahasan sistem ekskresi jarang digunakan oleh guru biologi di kelas umumnya mereka hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini membuat siswa pasif sehingga motivasi siswa rendah dan akhirnya tampak dari hasil belajar yang rendah. Problem posing (pengajuan soal) merupakan pembelajaran non konvensional yang dalam proses kegiatannya membangun struktur kognitif siswa yang dapat mengaktifkan siswa mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah serta menimbulkan sikap positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh penerapan metode problem posing terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2006/2007 (2) mengetahui pencapaian hasil belajar siswa yang lebih efektif antara metode problem posing dengan metode konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Malang pada bulan Maret-April 2007 semester II tahun ajaran 2006/2007. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA. Di antara 4 kelas yang ada dilakukan pengambilan sampel dengan teknik random sampling (acak). Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan variabel perlakuan berupa metode problem posing yang dikenakan pada kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA2 dan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah yaitu kelas XI IPA1 untuk materi sistem ekskresi. Metode pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan tes. Analisis data serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) prestasi belajar biologi bagi siswa yang diajar dengan metode problem posing lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar biologi siswa yang diajar dengan metode ceramah hal ini terlihat dari nilai rata-rata prestasi untuk kelas eksperimen adalah 93 844 sedangkan nilai rata-rata prestasi untuk kelas kontrol adalah 84 178 dan juga dilihat dari thitung ttabel yaitu diperoleh thitung 3 047 sedangkan ttabel 1 6644 (2) pelaksanaan penerapan metode problem posing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji efektivitas sebesar 11 48%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa penerapan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode problem posing sebaiknya diberikan sesuai dengan materi sehingga siswa lebih aktif dan antusias dalam menerima materi pelajaran yang berakibat prestasi belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |