Pengaruh pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN 02 Sumbermanjing Malang / Pramukanto Mahmud Junaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN 02 Sumbermanjing Malang / Pramukanto Mahmud Junaidi

Pramukanto Mahmud Junaidi (2009) Pengaruh pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN 02 Sumbermanjing Malang / Pramukanto Mahmud Junaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mempunyai hubungan positif dan cukup berarti terhadap pencapaian prestasi belajar. Siswa yang mempunyai motivasi untuk berprestasi akan menyelesaikan tugas lebih baik daripada siswa yang kurang tinggi motivasinya untuk berprestasi. Sejalan dengan pernyataan tersebut beberapa ahli menyatakan bahwa siswa dengan intelegensi yang sama akhirnya berbeda dalam pelaksanaan tugas yang diberikan padanya. Hal ini bukan disebabkan oleh faktor intelegensi saja melainkan juga disebabkan oleh berbagai faktor psikologis lain seperti motivasi. Upaya peningkatan motivasi belajar siswa antara lain dapat dilakukan dengan memberikan stimulus berupa pertanyaan. Stimulus yang diberikan bertujuan agar siswa tertantang untuk belajar. Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) yang dikembangkan oleh Corebima dapat membantu perkembangan motivasi belajar siswa karena dalam praktek pembelajaran dengan pola PBMP seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan melalui jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental semu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk Mengetahui pengaruh Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas 1 SLTP Negeri 02 Sumbermanjing tahun ajaran 2001/2002 (2) untuk.mengetahui pengaruh Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas 1 SLTP Negeri 02 Sumbermanjing tahun ajaran 2001/2002. Pengujian hipotesis diakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pola PBMP tehadap motivasi belajar siswa kelas 1 SLTPN 02 Sumbermanjing tahun ajaran 2001/2002 (P 0 000) (2) ada pengaruh pola PBMP terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 SLTPN 02 Sumbermanjing tahun ajaran 2001/2002 (P 0 000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24552

Actions (login required)

View Item View Item