Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A di SMPN 2 Beji Pasuruan / oleh Nurul Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A di SMPN 2 Beji Pasuruan / oleh Nurul Indriani

Nurul Indriani (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A di SMPN 2 Beji Pasuruan / oleh Nurul Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kondisi awal siswa SMP Negeri 2 Beji Pasuruan yang beraneka ragam yang diperkirakan dapat mempe-ngaruhi prestasi belajarnya. Secara keseluruhan kualitas input yang masuk di SMP 2 Beji untuk siswa kelas VIII lebih rendah jika dibanding dengan kualitas input siswa kelas VII dan kelas IX. Penelitian dilakukan pada kelas VIII A. Berdasarkan data prestasi belajar siswa kelas VIII A tidak merata. Beberapa orang siswa mempunyai prestasi belajar di atas prestasi belajar siswa yang lain dan perbedaan tersebut terlihat cukup besar. Model pembelajaran yang dipilih adalah model STAD dengan alasan bahwa metode ini mudah diterapkan pada semua pokok bahasan dan dapat mengatasi permasalahan besarnya perbedaan prestasi siswa dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan menemukan langkah pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A di SMPN 2 Beji Pasuruan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions). Pembelajaran kooperatif model STAD adalah suatu metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif bekerja sama dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang siswa yang heterogen dilihat dari segi prestasi suku jenis kelamin dan agama untuk memahami konsep yang sedang dipelajari. Pembelajaran kooperatif model STAD terdiri dari beberapa tahap yaitu penyajian materi kegiatan belajar dalam kelompok tes individual dan pemberian penghargaan bagi kelompok yang mampu mencapai kriteria tertentu. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Seluruh proses yang dilaksanakan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalam keseluruhan proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP 2 Beji Pasuruan. Subyek penelitian adalah siswa-siswa kelas VIII A semester ganjil tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni sampai bulan Agustus tahun 2006. Data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari kegiatan penelitian dihitung persentasenya dengan cara jumlah siswa yang muncul pada setiap deskriptor dibagi jumlah siswa dalam satu kelas dikalikan seratus persen. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif berdasarkan taraf keberhasilan tindakan. Data prestasi belajar siswa dianalisis dengan mencari persentase ketuntasan belajar siswa yaitu dengan menganalisis data hasil tes menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kriteria ketuntasan belajar biologi yang digunakan di SMPN 2 Beji Pasuruan. Ketuntasan belajar siswa tercapai apabila siswa memperoleh skor di atas atau sama dengan 6 75 dan ketuntasan belajar klasikal apabila 85% siswa di kelas tersebut telah mencapai skor 8805 67 5. Ketuntasan belajar klasikal dapat dihitung dengan cara membagi jumlah siswa yang memperoleh skor 8805 67 5 dengan jumlah siswa yang mengikuti tes. Sementara itu data mengenai respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dianalisis secara deskriptif setelah dicari persentasenya dengan cara membagi jumlah siswa yang menjawab setiap pilihan dengan jumlah siswa keseluruhan dalam satu kelas kemudian dikalikan seratus persen. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa. Peningkatan motivasi tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas belajar siswa. Pada Siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 58 75 % 9 (Cukup) kemudian meningkat menjadi 69 3 % (Baik) pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 77 9 % (Baik) pada Siklus III.Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa. Pada Siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 37 8 % kemudian menjadi 59 46 % pada Siklus II dan meningkat menjadi 78 4 % pada Siklus III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item View Item