Penerapan metode inkuiri terpimpin dalam problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IIA SMPN Beji Pasuruan / oleh Fitta Nur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri terpimpin dalam problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IIA SMPN Beji Pasuruan / oleh Fitta Nur Rohmah

Rohmah, Fitta Nur (2005) Penerapan metode inkuiri terpimpin dalam problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IIA SMPN Beji Pasuruan / oleh Fitta Nur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohnawati Noer. 2003. Pengaruh Metode Kerja Kelompok Bebas dan Kerja Kel ompok T erb inb ing T erhadap P e ningkaat n Pr es tasi Be I a ja r dan Akt iv i tas Siswad alamM ota Pelajaran Biologi Kelas II SemestelrI SMU Assa adah BungahGresik Skripsi jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuaAnl am UniversitasN egeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soewolo lvI-Pd ( tr) Drs. TriastonoI mam P M.Pd. Krtr tnnci Metode Kerja kelompok Bebas Keqia kelompok Terbimbing Prestasi BelEjar ktivias Sisua. Kegiaianp cmb lajarany angb erlangsungs elamai ni hanyab ersifat memberi pengetrhnnyangben4a lasit dari menghapalU- ntuk mengataski eadaante rsebut meikad iperh an carau ntuk lebih memahamki onsep.konsepd alamB iologi sehingga teroapahi nsil beldar png baik Agar presusi belajars iswab aik maka guru dituntut menentukand anm enerapkans uatum etodep embetajarany angt epat.S elamai ni metodep embelqiaranya ngd igunakano leh guru Biologi SMU Assa adahB unph Gresikl ebih banyakm enggunakapne nyampaiand engn ceramah n amunh al ini belumm ampum eningkatkana ktivias dan prestasib elajar siswa.B erdasarkan permasalahatne rsebutd alamp enelitiani ni diujicobakanm etodep embelajaranla in yangl ebih banyakm enga tciftans elamap rosesb elajarm eng ajasr ehinggad iharapkan dapatm eningkatkanh asil belajars iswa.A lternatif metodet ersebuta dalahm etode kerja kelompok terbimbing. Tujuanp enelitiani ni adalahuntukm engetahu i (l) perbedaanp restasib elajar siswa dalam mata pelajaran biologi antara siswa yang diajar dengan metode ke a kelompok bebas dan siswa yang diajar dengan metode keda kelompok terbimbing (2) perbedaana ktivitas siswad alamm ata pelajaranb iologi antaras isway ang diajar denganm etodek erja kelompokb ebasd engans isway ang diajar dan metodek eda kelompok terbimbing. Penelitiani ni perupakanp enelitiane ksperimenR. ancanganp enelitiany ang dipilih adalahP rates- PascatesA cqk Kelompok.P opulasid alamp enelitiani ni adalah siswaS MU Assa adahB ungahG resik kelas II s mesterII tahun ajaran200212003 pengambilans ampelnyad ilakukan secaraa cakk elompok yaitu kelasI i3 (keqa kelompokt erbimbing)d an kelasI I2 (kerja kelompokb ebas) m asing-masingk elas terdiri dari 45 siswa s ehinggaju mlah keseluruhan9 0 siswa.U ji prasaraty ang digunakana dalahu ji normalitas.U ji hipotesisnyam enggunakanu ji t (uji bedar atarata). Dari hasila nalisisd iperolehT hit T tab yaitu 2 133 1 9872S. ehingga disimpulkanb ahwaa dap erbedaanp restasib elajar siswad alamm atap alajaranb iologr antara siswa yang diajar dengan metode ke a kelompok bebas dengan siswa yang diajar denganm etodek efa kelompokt erbimbing. Perbedaanp restasib elajar diperolehd alamh al peningkatanp restasbi elaiars iswa.P restasibelalasri sway ang drajard enganm etodek ef a kelompokt erbimbingl ebih baik dari padas isway ang diajard enganm etodek erja kelompokb ebasD. isampingi tu adap erbedaaank tivitas sisway angd iajard enganm etodek erja kelompokt erbimbingd an sisway angd iajar denganm etodek erja kelompokb ebas.P erbedaana ktivitas diperolehd alam hal rataratap ersentaseA.k livitas sisway angd iajard enganm etodek eqak elompok terbimbingle bihb aik dari padas isway angd iajard enganm etodek erjak elompok bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Oct 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item