Penggunaan scrabble untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Gondanglegi terhadap pembelajaran qawaid / Badriatul Amalia Romadhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan scrabble untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Gondanglegi terhadap pembelajaran qawaid / Badriatul Amalia Romadhon

Romadhon, Badriatul Amalia (2017) Penggunaan scrabble untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Gondanglegi terhadap pembelajaran qawaid / Badriatul Amalia Romadhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Abstrak Romadhon Badriatul Amalia. 2017. Penggunaan Scrabble Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Gondanglegi Terhadap Pembelajaran Qowaid. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd (2) Laily Maziyah M.Pd. Kata Kunci Scrabble Qowaid Madrasah Aliyah Negeri. Penelitian ini berlatar belakang pada kesulitan siswa terhadap pembelajaran qawaid (kaidah bahasa Arab). Hal ini dikarenakan interaksi belajar mengajar yang berjalan dari satu arah dan siswa hanya melakukan latihan-latihan tertulis dan menghafalkan kata atau kaidahnya saja sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya kemampuan berbahasa mereka kurang optimal. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media permainan papan scrabble. Scrabble adalah permainan menyusun kata di atas papan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris) yang dimainkan 2 atau 4 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran qawaid. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi wawancara dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggunakan media scrabble pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi pada pembelajaran qawaid (2) meningkatkan kualitas proses belajar qawaid bahasa arab pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi (3) meningkatkan hasil belajar qawaid bahasa arab pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi. Setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) media permainan scrabble digunakan secara berkelompok dan tiap kelompok mempresentasikan hasil yang telah ditulis di atas papan scrabble (2) kualitas proses belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4.3% hal ini dapat dilihat dari lembar observasi siswa yang telah diamati (3) hasil belajar siswa terhadap pembelajaran qawaid setelah diterapkannya media permainan scrabble meningkat hal ini bisa dilihat pada peningkatan nilai tes yang telah dilakukan siswa sebesar 7 1%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan scrabble di kelas XI MAN Gondanglegi berpengaruh positif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Arab bisa memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang akan dipelajari. Alangkah baiknya jika media papan scrabble ini juga digunakan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa terhadap qawaid agar siswa merasa lebih termotivasi dan bersemangat saat proses belajar mengajar berlangsung dan untuk kepala sekolah diharapkan dalam proses pembelajaran menggunakan media permainan khususnya media permainan scrabble digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan dan diharapkan untuk meneliti bidang lainya dengan menggunakan media semacam ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245414

Actions (login required)

View Item View Item