Contemporary patterns of naming practice in Kampung Inggris Pare / Okta Perdana Supramanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Contemporary patterns of naming practice in Kampung Inggris Pare / Okta Perdana Supramanta

Supramanta, Okta Perdana (2015) Contemporary patterns of naming practice in Kampung Inggris Pare / Okta Perdana Supramanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supramanta Okta Perdana. 2015. Contemporary Patterns of Naming Practice in Kampung Inggris Pare. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Maria Hidayati S.S M.Pd (II) Suharyadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci nama orang sistem penamaan globalisasi Budaya akan selalu berubah sepanjang waktu karena pengaruh dari budaya lain atau bahkan adanya kebutuhan untuk berubah dalam budaya itu sendiri. Perubahan budaya juga selalu diikuti oleh perubahan bahasa dan implementasinya. Bahasa Inggris juga masuk ke Bahasa Indonesia dan perlahan-lahan bercampur dan setidaknya mengubah sedikit kata dari Bahasa Indonesia. Kampung Inggris Pare sebagai salah satu tempat di Indonesia yang menerapkan Bahasa Inggris secara bertahap juga mendapatkan pengaruh dari eksposur ini. Beberapa implementasi dari bahasa juga berubah termasuk sistem penamaan yang menciptakan tren baru di Kampung Inggris. Penelitian ini difokuskan pada sistem penamaan di Kampung Inggris Pare yang dianggap telah mendapatkan eksposur lebih banyak daripada budaya di tempat lain di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dan fungsi pendekatan konten analisis untuk memeriksa data yang dikumpulkan. Fenomena sistem penamaan di Kampung Inggris Pare dan perubahan dalam tren dibahas dalam analisis dengan harapan memberikan kontribusi bagi studi sosial. Peneliti mengumpulkan daftar nama anak-anak yang lahir dalam 15 tahun terakhir dan mewawancarai beberapa orang tua untuk mendapatkan jawaban yang lebih spesifik. Peneliti kemudian mengklasifikasikan daftar nama menjadi dua kategori yakni nama tradisional menurut kategori Kohar(1971) dan nama modern dimana tidak mengikuti pola penamaan dari Indonesia untuk memperoleh jumlah masing-masing di setiap kategori pada setiap tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada sedikit perubahan pada peningkatan jumlah penggunaan nama modern yang tidak mengikuti pola system penamaan di Indonesia. Data ini menunjukkan bahwa dalam 15 tahun terakhir orang secara bertahap mulai merubah pola mereka pada system penamaan modern yang kebanyakan hanya mempertimbangkan nama yang terlihat baik. Hal ini berbeda dengan pola penamaan Indonesia yang menganggap nama juga harus mempunyai arti yang baik dan aspek sosial lain yang harus dipertimbangkan. Data ini menerangkan bahwa meskipun sudah ada beberapa nama modern norma-norma yang kuat pada Kampung Inggris Pare masih ada dan berhasil mempertahankan sistem penamaan Indonesia. Penelitian ini menjelaskan bahwa ada kemungkinan bagi orang-orang di Kampung Inggris Pare untuk mengubah sistem penamaan mereka menjadi sistem penamaan modern di tahun tahun kemudian. Hal ini merangkum hasil penelitian yang memperlihatkan kecenderungan peningkatan pada sistem penamaan modern pada setiap tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245305

Actions (login required)

View Item View Item