Fostering students' speaking skill in storytelling by using picture series / Erista Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Fostering students' speaking skill in storytelling by using picture series / Erista Agustina

Agustina, Erista (2011) Fostering students' speaking skill in storytelling by using picture series / Erista Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan berbicara gambar berseri bercerita SMA Berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Malang ditemukan bahwa hanya ada 10 siswa dari 30 siswa yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang disyaratkan oleh sekolah. Kurangnya motivasi dan kepercayaan diri menjadi masalah utama dalam proses pembelajaran. Disamping itu guru bahasa inggris juga jarang memanfaatkan media yang menarik bagi siswa dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bercerita menggunakan gambar berseri sebagain media. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perancanagan penerapan penelitian dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adlah 30 siswa XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi daftar cek penelitian catatan lapangan pertanyaan wawancara rubric penilaian dan kuesioner. Terdapat dua jenis kriteria keberhasilan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah kriteria proses pembelajaran yang mensyaratkan 23 siswa dari 30 siswa harus terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua kriteria hasil yang mensyaratkan sekurangnya 26 siswa dari 30 siswa harus mencapai nilai 76 yang merupakan Kriteria Ketuntasan Minimum. Dalam menerapakn gambar berseri peneliti memanfaatkan beberapa aktifitas diantaranya kelompok diskusi latihan dan penampilan. Berdasarkan hasil temuan terdapat peningkatan baik pada keaktifan siswa dalam berpartisipasi maupun peningkatan nilai siswa. Hasil dari siklus ke dua menunjukkan bahwa 25 siswa (83% dari 30 siswa) terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar peningkatannya mencapai 23% dari hasil siklus yang pertama. Sedangkan dalam peningkatan nilai siswa terdapat 27 siswa (90% dari 30 siswa) mampu mencapai kriteria ketuntasn minimum peningkatannya mencapai 50% dari hasil siklus yang pertama. Gambar berseri memberikan hasil yang memuaskan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bercerita. Dari hasil temuan saran-saran diberikan oleh peneliti untuk para guru pengajar bahasa inggris dan para peneliti yang mendatang. Untuk para pengajar bahasa inggris peneliti percaya bahwa penelitian ini akan bermanfaat bagi para pengajar karena gambar berseri merupakan media yang menarik untuk kegiatan berbicara. Selain itu guru bahasa inggris dapat memanfaatkan media seperti layar LCD yang tersedia untuk menampilkan gambar. Untuk peneliti mendatang yang memiliki gagasan yang sama dalam meningkatkan kemamampuan berbicara siswa menggunakan gambar berseri diharapkan untuk menyediakan banyak gambar berseri yang berbeda sehingga setiap kelompok dapat menceritakan gambar yang berbeda. Selain itu gambar berseri dapat juga diterapkan dalam teks monolog lainnya seperti teks recount dan teks report.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245235

Actions (login required)

View Item View Item