An analysis of reading questions in English textbook entitled "Interlanguage English for Senior High School Students XI' based on RBT / Izathy Khoirina Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

An analysis of reading questions in English textbook entitled "Interlanguage English for Senior High School Students XI' based on RBT / Izathy Khoirina Rahmawati

Rahmawati, Izathy Khoirina (2012) An analysis of reading questions in English textbook entitled "Interlanguage English for Senior High School Students XI' based on RBT / Izathy Khoirina Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pertanyaan reading Revised Bloom s Taxonomy Tabel Taxonomy Reading adalah salah satu ketrampilan yang harus dipelajari oleh para siswa. Pembelajaran reading dan ketrampilan yang lain di sekolah disesuaikan dengan tingkat literasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Fokus pembelajaran reading untuk siswa tingkat sekolah menengah adalah untuk melatih siswa mengerti makna di dalam teks sesuai dengan tingkat literasi yang ditentukan untuk mereka. Untuk membantu siswa mengerti kandungan makna di dalam teks pertanyaan reading hendaknya diajukan oleh para guru dan disajikan oleh para penulis buku ajar. Pertanyaan memegang peranan penting dalam mengasah kemampuan kritis siswa terhadap teks. Oleh karena itu penelitian ini menganalisis secara detail pertanyaan reading pada buku ajar yang berjudul Interlanguage yaitu buku yang direkomendasikan oleh pemerintah dengan menggunakan Revised Bloom s Taxonomy (RBT) yaitu sebuah taksonomi pendidikan yang paling sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk memapakan bentuk pertanyaan reading kategori RBT pada pertanyaan reading dan frekuensi tiap-tiap kategori pada buku ajar Interlanguage. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus yaitu sebuah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sebuah variabel atau kondisi yang benar-benar terjadi dalam hal ini adalah kondisi pertanyaan reading pada buku ajar. Data diambil dari seluruh pertanyaan reading pada buku ajar bahasa Inggris Interlanguage. Instrumen penelitian ini adalah dalam bentuk lembar identifikasi. Proses pengumpulan data adalah memilih seluruh pertanyaan reading dan mengidentifikasi bentuknya mengklasifikasikan pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan kategori RBT memberikan kode sesuai dengan kode RBT dan menganalisanya. Data dianalisis dengan menggunakan Tabel Taksonomi. Temuan pada penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama bentuk pertanyaan reading pada buku didominasi oleh wh-question multiple-choice true-false yes-no question dan beberapa bentuk lain yang memiliki presentase kecil. Bagian kedua ada 13 kategori RBT pada buku ajar yaitu Remember Factual Knowledge Remember Conceptual Knowledge Understand Factual Knowledge Understand Conceptual Knowledge Understand Procedural Knowledge Apply Factual Knowledge Apply Procedural Knowledge Analyze Factual Knowledge Analyze Conceptual Knowledge Evaluate Conceptual Knowledge Create Factual Knowledge Create Conceptual Knowledge dan Create Procedural Knowledge. Bagian ketiga adalah frekuensi tiap-tiap kategori. Frekuensi tertinggi adalah Remember Factual Knowledge yang termasuk kategori berpikir tingkat rendah sedangkan kategori lain yang lebih tinggi memiliki frekuensi rendah. Berdasarkan temuan dan paparan diatas penulis ingin mengajukan beberapa saran kepada para guru bahasa Inggris penulis buku ajar dan peneliti selanjutnya. Para guru bahasa Inggris diharapkan memodifikasi atau membuat pertanyaan sendiri yang lebih tinggi tingkat pemikiran yang dibutuhkan untuk melatih siswa memiliki pemikiran yang kritis. Para penulis buku ajar diharapakan menggunakan penemuan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menulis pertanyaan reading. Para peniliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti buku ajar lain untuk tingkat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245224

Actions (login required)

View Item View Item