Developing multimedia for descriptive paragraph writing using scaffolding technique / Alfi Susci Dirgantari - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing multimedia for descriptive paragraph writing using scaffolding technique / Alfi Susci Dirgantari

Dirgantari, Alfi Suci (2012) Developing multimedia for descriptive paragraph writing using scaffolding technique / Alfi Susci Dirgantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords program multimedia paragraf deskripsi pembelajaran mandiri scaffolding. Paragraf deskriptif adalah salah satu jenis paragraf/teks yang pertama kali dikenalkan dan diajarkan kepada siswa kelas tujuh. Belajar tentang cara menulis paragraf deskripsi yang baik sangatlah penting bagi para siswa karena jenis paragraf ini dapat ditemukan di hampir semua jenis teks. Penelitian di lapangan dalam bentuk hasil tulisan paragraf deskripsi siswa menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dalam menuangkan ideide mereka ke dalam paragraf deskripsi yang baik. Oleh karena itu untuk membantu para siswa yang membutuhkan bantuan dalam menulis terutama ketika menulis di luar kegiatan belajar-mengajar di kelas materi pembelajaran yang dilengkapi dengan instruksi-instruksi untuk membantu para siswa sangatlah diperlukan. Salah satu jenis media belajar yang dapat digunakan adalah program pembelajaran multimedia yang dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri dalam menulis paragraf deskripsi. Agar program multimedia ini dapat mendukung siswa dalam pembelajaran mandiri digunakanlah teknik scaffolding. Teknik scaffolding yang digunakan dalam program ini terdiri dari empat tipe yaitu procedural conceptual strategic and meta-cognitive scaffoldings. Selain itu metode Controlled-Guided-Free juga dipakai dalam mengembangkan isi materi produk. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi multimedia pembelajaran mandiri dengan menggunakan teknik scaffolding untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menulis paragraf deskripsi secara mandiri. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berbentuk komentarkomentar kritikan dan saran-saran dari tim ahli pada kegiatan validasi produk dan dari para siswa dalam kegiatan validasi empiris atau tryout. Setelah data dikumpulkan data tersebut kemudian dipilah menjadi dua bagian bagian isi dan kualitas. Data tersebut dipaparkan dalam bentuk tabel supaya kegiatan analisis data menjadi lebih mudah. Hasil dari analisis data digunakan sebagai dasar revisi produk. Metode pengembangan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang meripakan singkatan dari Analyse (Menganalisa) Design (Merancang) Develop (Mengembangkan) Implement (Mengimplementasi) and Evaluate (Mengevaluasi). Prosedur pengembangan dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) melakukan penelitian awal mengenai kebutuhan siswa (need analysis) (2) menentukan tim partisipasi (3) membuat kisi-kisi materi (4) membuat storyboard (5) menentukan tampilan program multimedia (6) mengembangkan program multimedia (7) melakukan validasi yang terdiri dari validasi tim ahli dan validasi empiris (8) merevisi produk (9) menyelesaikan produk akhir. Berdasarkan data dari validasi tim ahli dan validasi empiris pendapat umum yang diberikan kepada produk ini sebagian besar positif. Namun ada beberapa bagian produk yang membutuhkan revisi lebih lanjut. Pada bagian isi dari produk multimedia bagian-bagian yang terdapat pada isi seperti tema kegiatan-kegiatan cara menyampaikan materi penjelasan-penjelasan dan pengayaan-pengayaan tertentu perlu direvisi agar produk menjadi lebih baik. Untuk kualitas multimedia background dan musik juga perlu dipertimbangkan untuk direvisi. Tidak hanya kedua aspek di atas komponen-komponen dalam latihan pengayaan seperti instruksi batas waktu pengerjaan ukuran huruf dan kunci jawaban juga perlu direvisi. Seperti produk-produk pembelajaran pada umumnya program multimedia untuk penulisan paragraf deskripsi belum sempurna. Produk ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan-kelebihan produk berdasarkan data adalah mudah penggunaannya memiliki ukuran yang relatif kecil (hanya sekitar 43MB) memiliki tampilan menarik dan menggunakan kegiatan-kegiatan interaktif untuk latihan pengayaan bertujuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran mandiri membuat siswa dapat belajar banyak hal hanya dengan menggunakan satu jenis program saja langkah-langkah dalam menulis paragraf deskripsi mudah diikuti dan dimengerti dan program mudah dimodifikasi. Kekurangan-kekurangan produk ini adalah masih belum dapat membuat program latihan yang dapat mendukung kegiatan untuk critical elaboration of ideas masih memerlukan pensil dan kertas untuk pengerjaan unit tertentu tidak memfasilitasi adanya musik atau video dan siswa masih mudah untuk melakukan kecurangan dalam pengerjaan latihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245218

Actions (login required)

View Item View Item