Developing supplementary reading material for the seventh graders of the international-standard school / Ratih Kristianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing supplementary reading material for the seventh graders of the international-standard school / Ratih Kristianasari

Kristianasari, Ratih (2012) Developing supplementary reading material for the seventh graders of the international-standard school / Ratih Kristianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan suplemen materi membaca SBI Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suplemen materi membaca yang sesuai dengan kurikulum SBI khususnya untuk peserta didik kelas tujuh. Kelas tujuh dipilih karena level tersebut adalah level di mana pelajaran bahasa Inggris untuk pertama kalinya di anggap sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Guna mencapai tujuan dari studi ini peneliti menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983). Model asli dari Borg dan Gall telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan materi (3) validasi ahli (4) revisi I (5) uji coba produk (6) revisi II (7) produk akhir. Analisis kebutuhan bertujuan untuk menemukan celah antara silabus dengan materi yang disediakan oleh pemerintah. Validasi ahli bertujuan untuk memperoleh umpan balik dari ahli dalam bentuk kritik saran dan penilaian. Hasil dari validasi ahli digunakan untuk memperbaiki kualitas produk sebelum produk diujicobakan. Uji coba produk bertujuan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan keefektivitasan produk apabila digunakan oleh peserta didik kelas tujuh. Data yang diperoleh dari analisis kebutuhan dan validasi ahli adalah data kualitatif sedangkan data dari uji coba produk adalah data kuantitatif. Kedua jenis data tersebut dijabarkan dengan cara penggambaran. Studi ini telah menghasilkan sebuah produk berupa materi tambahan membaca yang disajikan dalam tiga paket cetak. Paket A untuk Announcement Paket B untuk Advertisement dan Paket C untuk short message. Masing-masing paket terdiri dari tiga aktivitas. Masih-masing aktivitas terdiri dari dua Task. Task pertama tersusun oleh dua teks beserta latihan pemahaman membaca dan kosakata. Task kedua mencakup grammar review beserta latihan-latihannya. Masing-masing paket dilengkapi dengan kunci jawaban yang jelas. Produk dari studi ini telah divalidasi dan telah direvisi berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh seorang ahli. Setelah melalui revisi pertama produk diujicobakan ke delapan belas peserta didik kelas tujuh dari Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Masing-masing paket diuji coba oleh enam peserta didik. Beberapa revisi telah dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari proses uji coba produk Produk dari studi ini dapat menutup celah kesenjangan antara silabus dan buku yang tersedia serta mampu mendorong belajar mandiri. Akan tetapi karena terbatasnya waktu produk akhir dari studi ini hanya mencakup teks fungsional pendek dengan topic yang terbatas pada pengetahuan alam teknologi dan kehidupan akademis serta produk ini belum diujicobakan secara luas. Produk bagus digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca. Studi lain yang serupa semestinya dilakukan untuk menghasilkan produk pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245212

Actions (login required)

View Item View Item