Readability of "A-level chemistry for senior high school volume 1B" textbook / Nissa Rahma Nur Aprilia. - Repositori Universitas Negeri Malang

Readability of "A-level chemistry for senior high school volume 1B" textbook / Nissa Rahma Nur Aprilia.

Aprilia, Nissa Rahma Nur (2012) Readability of "A-level chemistry for senior high school volume 1B" textbook / Nissa Rahma Nur Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterbacaan tes keterbacaan tingkat keterbacaan Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menginvestigasi dan mendeskripsiskan keterbacaan buku A-Level Chemistry for Senior High School Volume 1B yang merupakan buku teks mata pelajaran Kimia yang ditulis dalam bahasa Inggris untuk SMA SBI/RSBI di Malang. Tes keterbacaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cloze test Fry Readability Graph Flesch-Kincaid Readability Formula Fry Readability Graph Flesch-Kincaid Readability Formula dan Dale-Chall Readability Formula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk penggunaan cloze test sebuah teks dengan 500 kata dipilih dari buku teks tersebut dan dirumpangkan setiap kata ke-sembilan menjadikan 50 poin rumpang. Penelitian dilaksanakan di SMA RSBI/SBI di Malang yang menggunakan buku A-Level Chemistry for Senior High School Volume 1B sebagai buku teks dalam proses pembelajaran mata pelajaran Kimia yaitu SMAN 3 Malang SMAN 5 Malang dan SMAN 8 Malang. Dari setiap sekolah dipilih satu kelas yang berisi 30 siswa dipilih sebagai hasil dari pengaplikasian sampling random proporsional. Untuk penggunaan readability formula 18 teks pendek dipilih dari bagian depan tengah dan belakang buku untuk kemudian diukur menggunakan tiga pengukur keterbacaan yaitu dari www.readabilityformulas.com www.read-able.com www.readability-score.com dan pengukur keterbacaan dari Microsoft Word. Berdasarkan hasil analisa data tersebut ditemukan bahwa tingkat keterbacaan buku teks A-Level Chemistry for Senior High School Volume 1B berdasarkan hasil cloze test adalah berada dalam tingkat frustration level bagi sebagian besar siswa. Berdasarkan hasil penghitungan readability formula buke teks tersebut sulit dibaca dan tingkat kesulitannya setara untuk siswa kelas 10 sampai 12. Dengan kata lain buku teks tersebut sulit dimengerti dan memiliki tingkat keterbacaan yang sedikit lebih tinggi untuk ukuran target pembaca yang menyebabkan tingkat frustrasi pada siswa. Akhirnya peneliti menyarankan guru yang terlibat dalam proses pembelajaran Kimia mengantisipasi tingkat keterbacaan siswa sehingga mampu melakukan beberapa penyesuaian yang dibutuhkan seperti memberikan teks lain yang sesuai dengan tingkat keterbacaan siswa atau meluangkan waktu lebih untuk memastikan pemahaman siswa. Untuk guru Bahasa Inggris disarankan untuk meningkatkan khasanah kosa kata siswa yang berkaitan dengan sains untuk membantu meningkatkan tingkat pemahaman mereka. Untuk penulis buku teks khususnya penulis A-Level Chemistry for Senior High School Volume 1B disarankan untuk mengkaji tingkat keterbacaan teks dan melakukan penyesuaian yang diperlukan seperti parafrase atau menggunakan diksi alternatif. Untuk peneliti yang akan datang banyak buku teks bilingual lain yang potensial untuk dikaji. Konversi grade level juga diperlukan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245208

Actions (login required)

View Item View Item