The use of english in the teaching of mathematics and science in SBI class of R-SMA-BI 1 Situbondo (a case study) / Rizal Ghozi Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of english in the teaching of mathematics and science in SBI class of R-SMA-BI 1 Situbondo (a case study) / Rizal Ghozi Hidayat

Hidayat, Rizal Ghozi (2012) The use of english in the teaching of mathematics and science in SBI class of R-SMA-BI 1 Situbondo (a case study) / Rizal Ghozi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Key words penggunaan Bahasa Inggris pengajaran Matematika dan Sains Kelas SBI Salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan mengadakan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Program ini memberi akses untuk sekolah-sekolah yang terpilih untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya dengan standar internasional. Salah satu standar dari kelas-kelas bertaraf internasional ini adalah penggunaan Bahasa Inggris dalam pengajaran Matematika dan Sains. Penggunaan Bahasa Inggris ini dimaksudkan menyiapkan anak didik lulusan RSBI untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang universitas baik di dalam ataupun luar negeri karena mereka diharapkan dapat menyiapkan diri mereka untuk ujian masuk memahami buku-buku pelajaran yang ditulis dalam Bahasa Inggris dan ikut serta dalam perkuliahan yang diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Selama ini dikenal ada dua metode yang digunakan dalam penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran immersion dan bilingualism. Immersion adalah penggunaan bahasa yang ditargetkan (dalam hal ini Bahasa Inggris) sebagai bahasa pengantar meleburkan siswa dalam bahasa yang ditargetkan. Smentara di kelas bilingual materi diajarkan menggunakan dua bahasa bahasa asli(Bahasa Indonesia) dan bahasa yang ditargetkan(Bahasa Inggris). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam pengajaran Matematika dan Sains di kelas berstandard Internasional di SMAN 1 Situbondo. Data dari pembelajaran ini dilaksanakan mulai dari bulan Oktober 2011. Subjek dari pembelajaran ini adalah guru Matematika dan Sains kelas X SMAN 1 Situbondo. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan melalui observation dengan menggunakan bantuan handy camera dan interview setelah itu dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil yang ditemukan selama penelitian ditemukan bahwa guru matematika dan sains di kelas berstandard internasional di SMAN 1 Situbondo tidak menggunakan bahasa Inggris dalam mengajar. Selama proses mengajar mulai dari pembukaan penjelasan dan penutupan semuanya dilaksanakan dalam bahasa Indonesia. Dari hasil interview diketahui bahwa alas an utama mengapa guru-guru tersebut tidak menggunakan Bahasa Inggris dalam mengajar adalah karena mereka tidak menguasai Bahasa Inggris. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran Matematika dan Sains di kelas SBI di SMAN 1 Situbondo belum memenuhi karakteristik kelas berstandard internasional. Penggunaan Bahasa Inggris tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya seperti disebut dalam peraturan Menteri Pendidikan. Sekolah diharapkan dapat menunjang penggunaan Bahasa Inggris ini dengan cara menyediakan fasilitas English for Specific Purpose dan Self Acces Center. Untuk guru-guru Matematika dan Sains diharapkan untuk terus meningkatkan penggunaan Bahasa Inggris sebagai media dalam proses mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245199

Actions (login required)

View Item View Item