Developing multimedia based listening material for 1st grade student of SMK / Rahmati Putri Yaniafari - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing multimedia based listening material for 1st grade student of SMK / Rahmati Putri Yaniafari

Yaniafari, Rahmati Putri (2012) Developing multimedia based listening material for 1st grade student of SMK / Rahmati Putri Yaniafari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CD interaktif Multimedia Courseware Listening Materi belajar mandiri. Listening comprehension umumnya dianggap memiliki peran kunci dalam pembelajaran/akuisisi bahasa. Listening comprehension memberi para pelajar informasi yang digunakan dalam membangun pengetahuan yang diperlukan dalam penggunaan bahasa. Ketika pengetahuan dibentuk siswa dapat mulai berbicara. Periode dimana pelajar hanya mendengarkan saja merupakan waktu untuk pengamatan dan pembelajaran yang menyediakan dasar untuk keterampilan bahasa yang lain (Nation dan Newton 2009). Materi listening berbasis multimedia seperti listening courseware diyakini sebagai media yang baik untuk membantu siswa belajar listening. Sebagai lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam mendidik sumber daya manusia dengan kompetensi akademik dan kompetensi profesi khusus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebaiknya mendidik siswa untuk memiliki kompetensi dalam bahasa Inggris terkait dengan kompetensi karir masa depan mereka termasuk keterampilan listening. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi listening berbasis multimedia untuk siswa kelas 1 SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan yang berguna untuk digunakan dalam belajar mandiri. Penelitian dan pengembangan (R D) ini mengadopsi kerangka model pengembangan Koper (1995). Prosedur pengembangan ini dimulai dengan prapenelitian yang bertujuan membuat desain umum dari program yang nantinya akan menjadi perencanan pembelajaran. Fase berikutnya adalah fase definisi. Pada fase ini rencana proyek per aplikasi media diciptakan dimana perencanaan dibuat secara lebih rinci daripada di fase sebelumnya. Tahap ketiga adalah scripting. Kunci dari fase scripting adalah menemukan berbagai skrip yang dibutuhkan dalam mewujudkan hasil desain yang diinginkan. Tahap penutup adalah realisasi teknis. Untuk membuat produk akhir fase ini harus diselesaikan yang terdiri dari editing komponen audio visual desain teknis validasi dan uji coba produk. Kemudian proses dilanjutkan ke evaluasi produk yang terdiri dari validasi ahli materi validasi ahli media validasi guru dan uji coba produk. Berdasarkan evaluasi produk media ini kemudian direvisi untuk mendapatkan hasil terbaik. Produk akhir dari penelitian ini adalah sebuah paket CD untuk belajar listening. Aplikasi tersebut berisi tujuh materi listening yang tersebar di lima unit. Setiap unit terdiri dari sesi pre-listening yang berisi konteks materi listening dan glosarium sesi while-listening yang berisi materi utama dalam bentuk video atau audio dan latihan untuk mengecek pemahaman peserta didik sedangkan sesi terakhir post-listening berisi penelaahan materi. Desain keseluruhan media dibuat menyerupai simulasi game untuk meningkatkan minat siswa. Dalam uji coba produk para siswa tampak antusias dalam belajar listening menggunakan materi berbasis multimedia. Mereka menganggap bahwa materi dan teks yang digunakan pada media sudah cukup jelas. Mereka juga menegaskan bahwa penyajian media sangat menarik. Penggunaan materi listening berbasis multimedia ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan materi listening siswa SMK kelas 1 Jurusan Akomodasi Perhotelan. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan listening mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245187

Actions (login required)

View Item View Item