The teaching of writing in SMP Negeri 1 Malang grade VIII acceleration class / Rizqi Zhairisma - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of writing in SMP Negeri 1 Malang grade VIII acceleration class / Rizqi Zhairisma

Zhairisma, Rizqi (2012) The teaching of writing in SMP Negeri 1 Malang grade VIII acceleration class / Rizqi Zhairisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendekatan process-genre mengarang Dalam kelas-kelas EFL mengarang merupakan aspek penting untuk meningkatkan kemampuan akuisisi terhadap bahasa karena siswa senantiasa bereksperimen dengan kata-kata kalimat-kalimat dan berbagai hambatan lain yang lebih besar untuk mengomunikasikan ide-idenya dengan baik dan melatih struktur kata serta kosa kata yang mereka pelajari (Piovesan 2007 Raimes 1983). Berbagai pendekatan telah dicoba dalam pengajaran bahasa Inggris dan salah satunya adalah pendekatan process-genre yang dapat memberikan siswa manfaat-manfaat gabungan dari pendekatan proses produk dan juga genre. Penelitian ini terfokus pada implementasi pendekatan process-genre pada pengajaran menulis dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Malang. Desain penelitian ini adalah deskriptive kualitatif. Data utama penelitian ini diperoleh dari observasi langsung pada saat proses pembelajaran di kelas serta interview dengan guru dan para siswa. Penelitian ini mengacu pada enam tahap pendekatan process-genre oleh Guo Yan yang merupakan elaborasi dari teori pendekatan process-genre Badger dan White. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab sebuah rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi pendekatan process-genre dalam pengajaran mengarang di SMPN 1 Malang kelas VIII akselerasi. Rumusan masalah ini kemudian dibagi ke dalam beberapa rumusan masalah spesifik di antaranya (1) Bagaimana implementasi dari tahap preparation (2) Bagaimana implementasi dari tahap modeling dan reinforcing (3) Bagaimana implementasi dari tahap planning (4) Bagaimana implementasi dari tahap joint constructing (5) Bagaimana implementasi dari tahap independent constructing (6) Bagaimana implementasi dari tahap revising Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keenam tahap yang dilaksanakan tidak semua tahap dapat diimplementasikan dengan baik. Di antara dua kali pelaksanaan tahap preparation hanya satu yang berhasil mencapai tujuan dari tahap tersebut. Implementasi dari kelima tahap yang lain yaitu modeling dan reinforcing planning joint constructing independent constructing dan revising tidak memenuhi tujuan dari masing-masing tahap tersebut. Beberapa permasalahan yang cukup sering terjadi dalam implementasi pendekatan ini di antaranya disebabkan oleh (1) keterbatasan alokasi waktu (2) keterbatasan strategi guru untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif saat proses diskusi serta (3) kesalahan penggunaan media dan kurangnya kualitas media yang digunakan. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan guru mendorong siswa agara lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas. Guru diharapkan untuk memberikan perhatian secara imbang kepada setiap siswa agar perhatian siswa tidak terganggu oleh hal lain selain pelajaran. Selain itu peneliti menyarankan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245178

Actions (login required)

View Item View Item