Communication strategies employed during role-play by 7 grades at SMPN 5 Malang / Ninuk Retna Sumiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Communication strategies employed during role-play by 7 grades at SMPN 5 Malang / Ninuk Retna Sumiarsih

Sumiarsih, Ninuk Retna (2012) Communication strategies employed during role-play by 7 grades at SMPN 5 Malang / Ninuk Retna Sumiarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi komunikasi permainan peran taksonomi D rnyei Di level kelas tujuh murid Indonesia belajar berbagai jenis ekspresi transaksional dan interpersonal dalam bahasa Inggris. Untuk mempelajari ekspresi tersebut beberapa latihan berkomunikasi dilakukan. Namun pada saat latihan berkomunikasi beberapa masalah muncul yang kemudian diatasi dengan strategi komunikasi. Studi ini bertujuan untuk memperoleh data strategi komunikasi yang digunakan oleh murid frekuensi penggunaan strategi komunikasi dan alasan penggunaan Untuk memperoleh data tersebut di atas design penelitian deksriptif kualitatif digunakan dengan subject adalah murid kelas 7.5 angkatan 2012/2013 dari SMPN 5 Malang. Selain itu data primer penelitian ini adalah strategi komunikasi yang muncul pada ucapan murid Untuk memperoleh data tersebut dan data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu dari Hartatik (2012). Untuk memperoleh data primer rekaman video angket interview dan field note digunakan dalam studi ini. Selanjutnya analisis interim dari Johnson Christensen (2004 501) digunakan untuk menganalisis data. Taksonomi D rnyei (1995 58) seperti yang dikutip oleh Brown (2007 138) difunakan untuk mengklasifikasikan data. Hasil menunjukan bahwa selama bermain peran para murid menggunakan beberapa strategi komunikasi. Selebihnya strategi komunikasi yang digunakan mendukung taksonomi D rnyei (1995 58) dengan hasil sebagai berikut dalam kelompok strategi penghindaran murid menggunakan dari kelompok strategi penghindaran (avoidance strategies) murid menggunakan (1) strategi penghindaran topic (topic avoidance) dan (2) strategi penghindaran pesan (message abandonment). Selebihnya dalam kelompok strategi kompensatori (compensatory strategies) murid menggunakan (1) strategi pola prefabrikasi (prefabricated pattern (2) sinyal nonlinguistik (nonlinguistic signals) (3) penerjemahan harfiah (literal translation) (4) alih kode (code-switching) (5) meminta tolong (appeal for help) dan (6) strategi mengulur atau memperpanjang waktu (stalling or time gaining strategies). Selanjutnya frekuensi penggunaan adalah sebagai berikut dari kelompok strategi penghindaran (1) strategi penghindaran topic (5.5%) dan (2) strategi penghindaran pesan (1.9%). Selebihnya dalam kelompok strategi kompensatori murid menggunakan (1) strategi pola prefabrikasi(1.9%) (2) sinyal nonlinguistic (5.5%) (3) penerjemahan harfiah (7.4%) (4) alih kode (1.9%) (5) meminta tolong (18.5%) dan (6) strategi mengulur atau memperpanjang waktu (57.4%). Berdasarkan data yang diperoleh strategi mengulur atau memperpanjang waktu (stalling or time-gaining strategies) merupakan strategi komunikasi yang paling sering digunakan. Selanjutnya murid menggunakan strategi komunikasi karena mereka ingin memecahkan permasalahan komunikasi yang mereka hadapi. Selebihnya masalah ini dipicu oleh minimnya pengetahuan kosa kata bahasa Inggris grammar dan cara pengucapan. Studi ini menyajikan beberapa saran. Pertama para guru disarankan untuk menjadi model bagus dalam menggunakan strategi komunikasi saat memecahkan masalah komunikasi memberi kesempatan lebih kepada murid untuk berbicara bahasa Inggris dan untuk menambah mengetahuan siswa tentang kosakata bahasa Inggris grammar dan cara pengucapan. Kedua murid disarankan untuk lebih sering berlatih berbicara bahasa Inggris. Ketiga peneliti yang akan datang diharapkan menggunakan lebih dari satu taksonomi menciptakan aktifitas komunikasi yang lebih bersifat alami membawa rekan untuk membantu mengoperasikan kamera saat proses pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245161

Actions (login required)

View Item View Item