A big-book as instructional media in teaching vocabulary to the fifth graders / Fenny Mei Lina - Repositori Universitas Negeri Malang

A big-book as instructional media in teaching vocabulary to the fifth graders / Fenny Mei Lina

Lina, Fenny Mei (2012) A big-book as instructional media in teaching vocabulary to the fifth graders / Fenny Mei Lina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbatasan fasilitas dan media pembelajaran di SDN Druju 1 adalah alasan utama mengapa penelitian dan pengembangan ini harus dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini dimaksudkan untuk mengembangan media ajar dalam bentuk sebuah buku besar yang dapat digunakan untuk mengajar kosakata kepada peserta didik kelas lima. Dalam pengembangan buku-besar ini peneliti mengadaptasi desain penelitian dari Borg dan Gall (1983). Ada sembilan langkah di dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Pengembangan Produk (3) Validasi Ahli (4) Revisi (5) Uji Coba (6) Revisi (7) Uji Lapangan (8) Revisi dan (9) Produk Akhir. Berdasarkan hasil dari validasi ahli buku besar sudah valid. Validator memberikan nilai 86 untuk keseluruhan dari buku- besar. Berdasarkan ukuran validitas Arikunto nilai tersebut telah menunjukkan bahwa buku-besar tersebut telah valid. Namun validator menyarankan untuk merevisi beberapa bagian dari buku besar. Setelah peneliti menyelesaikan revisi berdasarkan saran yang diberikan oleh validator peneliti melakukan uji coba terhadap buku besar. Uji coba produk dilakukan di SDN Ringinsari 1. Sekolah ini terletak di Kabupaten Malang. Berdasarkan uji coba yang dilakukan peneliti menemukan bahwa buku besar sudah layak untuk digunakan. Setelah melakukan uji coba produk peneliti melakukan revisi kedua. Di dalam revisi ini peneliti harus melakukan revisi pada teka teki silang yang digunakan sebagai lembar kerja peserta didik. Setelah peneliti melakukan revisi kedua buku besar sudah siap untuk digunakan sebagai media pembelajarn dalam uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di SDN Druju 1. Uji lapangan ini melibatkan 30 peserta didik kelas lima. Selama uji lapangan dilakukan buku besar ini digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran. Berdasarkan data yang dikumpulkan selama uji lapangan peserta didik menyatakan bahwa mereka menikmati aktivitas pembelajaran karena mere terlibat dalam banyak aktivitas seperti membaca nyaring bernyanyi dan melengkapi teka teki silang. Dari uji lapangan peneliti menemukan bahwa buku besar sudah relevan untuk digunakan sebagai media pembelajaran kosakata. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah buku besar yang berjudul My Family. Buku ini terdiri dari 12 halaman termasuk halaman sampul. Buku besar ini mempunyai lima teks dan juga ilustrasi dari teks. Halaman akhir dari buku-besar ini terdiri dari sebuah lagu yang berhubungan dengan teks sebelumnya. Ukuran dari buku besar ini adalah 65 X 50 cm. Buku ini dicetak dengan menggunakan Art Paper 230 gram. Buku besar ini dapat digunakan sebagai media untuk mengajar kosakata karena memberikan guru aktivitas yang berhubungan dengan pembelajaran kosakata seperti drilling dan jazz chant. Berdasarkan validasi ahli dan uji lapangan buku besar ini sudah sesuai dengan materi dan dapat digunakan untuk pengajaran kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245160

Actions (login required)

View Item View Item