The use terms of address, code mixing and code switching in online facebook businesses / Citra Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

The use terms of address, code mixing and code switching in online facebook businesses / Citra Larasati

Larasati, Citra (2012) The use terms of address, code mixing and code switching in online facebook businesses / Citra Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci panggilan kesayangan strategi kesantunan positif Facebook Fenomena terbaru dalam strategi komunikasi adalah komunikasi online. Komunikasi online tidak hanya bermanfaat untuk membangun relasi sosial antar individu pula berperan penting dalam mempromosikan komoditas dalam toko-toko online. Keberadaan toko-toko online dapat dengan mudah ditemukan di sarana online berupa jejaring sosial salah satunya adalah Facebook. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah jenis dari kata sapaan dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang mengindikasikan keintiman persamaan dan solidaritas alasan yang memungkinkan pelaku bisnis online untuk mencampurkan dan menggabungkan bahasa dan jenis dari kata sapaan dalam kaitannya dengan harga berdasarkan strata sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasal dari dialog dari pelaku bisnis online yang mengandung kata sapaan. Data sekunder berasal dari karya tulis Skagerstr m (2010) dan ThielkeMatrike (2011) yang digunakan sebagai referensi. Terdapat tiga hasil penelitian dalam karya ilmiah ini (1) Jenis-jenis kata sapaan yang digunakan oleh para pelaku bisnis online yang menunjukan kedekatan persamaan dan solidaritas (2) alasan yang memungkinkan pelaku bisnis online untuk mencampurkan dan menggabungkan bahasa (3) jenis-jenis kata sapaan vs harga berdasarkan strata sosial. Hasil penelitian tersebut dianalisa menggunakan teori dari Brown and Levinson (1987) strategi no 4 kesantunan positif penanda identitas grup dan teori gaya bicara wanita dari Tannen (1990 1991). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 145 data kata sapaan yang dapat dikategorikan sebagai panggilan kesayangan dalam Bahasa Inggris (74 data) dan panggilan kesayangan dalam Bahasa Indonesia (71 data). Dari 74 data panggilan kesayangan dalam Bahasa Inggris tipe yang paling sering muncul adalah Sister (54 1 %) kedua adalah Dear (17 6%) dilanjutkan oleh Baby (14 9 %) dan Madam (5 3%). Darling Honey dan Girls memiliki jumlah perhitungan yang sama (2 7%). Dari 71 data panggilan kesayangan dalam Bahasa Indonesia tipe yang paling sering muncul adalah Sayang (43 7%) kedua adalah Kakak (22 5%). Tipe ketiga adalah Mbak (21 2%). Keempat adalah Jeng (4 2%) dan Mas Bro (4 2%). Cinta Neng dan Gan memiliki jumlah penghitungan yang sama (1 4%). Alasan yang melatarbelakangi pelaku bisnis online untuk mencampurkan dan menggabungkan bahasa sebagaimana dijabarkan oleh Hoffman (1991 116) and Savile-Troike (1986 69) adalah alasan yang marak terjadi yaitu untuk pengekspresian identitas grup (43 0%) kemudian alasan untuk membicarakan mengenai topik tertentu (36 4%) intensi untuk memperjelas isi dari pembicaraan kepada lawan bicara (10 3%) kelengkapan leksikal (6 7 %) alasan untuk memperhalus maupun mempertegas permintaan atau perintah (3 0%) penghubung kalimat (0 6%). Namun tidak ditemukan kasus pencampuran dan penggabungan bahasa dengan alasan untuk mengutip suatu sumber menunjukkan sikap empati dan pengulangan kata demi memperjelas arti (0.0 %). Sehubungan dengan bahasan bahwa panggilan kesayangan memiliki kaitan dengan harga-harga produk berdasarkan strata sosial hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga dari produk tidak memiliki korelasi dengan kata sapaan favorit yang digunakan oleh pembicara. Harga dari produk tidak dapat mengungkapkan pilihan dari panggilan kesayangan tersebut. Hal ini disebabkab karena panggilan kesayangan yang digunakan para pelaku bisnis online adalah sebuah tatanan kebiasaan. Penggunaan panggilan kesayangan oleh para pelaku bisnis telah memberikan gambaran yang jelas mengenai implementasi dari strategi kesantunan positif. Implementasi dari strategi ini akan mempengaruhi pembeli dengan alasan bahwa mereka akan memiliki kedekatan hubungan dan diperlakuan dengan baik oleh penjual. Dalam bisnis berlaku sopan dan ramah dengan orang lain dalam konteks ini untuk memperlakukan orang asing sebagaimana teman dekat bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Penelitian masa depan dalam topik kata sapaan diharapkan dapat memberikan sudut padang baru dalam ranah penelitian yang berbeda misalnya dalam dunia politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245159

Actions (login required)

View Item View Item