A study of pronunciation problems in teaching songs faced by kindergarten teachers at TK Aisyiyah 18 Bustanul Athfal Malang / Asmaul Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

A study of pronunciation problems in teaching songs faced by kindergarten teachers at TK Aisyiyah 18 Bustanul Athfal Malang / Asmaul Chusna

Chusna, Asmaul (2012) A study of pronunciation problems in teaching songs faced by kindergarten teachers at TK Aisyiyah 18 Bustanul Athfal Malang / Asmaul Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Key words masalah pelafalan pengajaran lagu taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang masalah yang dihadapi guru TK dalam pembelajaran lagu dengan menjawab rumusan masalah Apa saja masalah pelafalan yang dihadapi guru TK dalam pembelajaran lagu Apa saja masalah pelafalan yang dihadapi siswa TK dalam menyanyikan lagu Apa saja strategi guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut . Kajian ini menggunakan model deskriptif-kualitatif karena terbatas untuk mengetahui masalah pelafalan dalam pengajaran lagu. Penelitian telah dilaksanakan di TK Aisyiyah 18 Bustanul Athfal Malang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas A kelas B dan kepala sekolah. Penelitian juga menggunakan angket catatan dan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Semua data telah dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis dan pengumpulan data hasil penelitian ini dapat dideskripsikan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa masalah pelafalan dalam pengajaran lagu yang dialami oleh guru TK terjadi pada saat melafalkan kata h /eIt 643 / menjadi /eIt/ nose /nouz/ menjadi /nuz/ mouth /mau 952 / menjadi /mu 952 / dan hear /h 305 601 / menjadi /h 601 r/. dalam melafalkan stress pada kata blessing / bles 1472 951 / menjadi /bles 1472 951 / dan pada kata Indian / 1472 nd 1472 601 n/ menjadi / 1472 nd 1472 601 n /. Guru juga mengalami masalah pada pemilihan lagu dan tahap-tahap yang digunakan. Terlebih lagi terdapat kesalahan tulisan fonetik dalam buku ajar dan tidak terdapat tulisan fonetik pada lagu-lagu lain. Masalah-masalah tersebut membuat guru menyanyikan lagu hanya berdasarkan perasaan dan membuat beberapa kesalahan pelafalan. Bagaimanapun juga masalah yang dihadapi oleh guru berimbas pada murid. Pada saat itu murid mengikuti palafalan yang dicontohkan oleh guru. Oleh karena itu ketika guru melakukan kesalahan murid juga mengikuti. Terlebih berdasarkan pada penelitian kelas murid-murid hanya semangat ketika lagu-lagu tersebut menggunakan gerakan tubuh dan guu menggunakan media untuk mengajar. Selanjutnya guru mempunyai beberapa strategi untuk mengatasi masalah dengan menggunakan media pembelajaran mengulang-ulang dalam menyanyikan lagu mengganti lagu dengan lagu yang sesuai untuk anak-anak mendengarkan lagu dari berbagai sumber dan melatih siswa untuk melafalkan dengan benar. Saran ditujukan kepada guru TK Aisyiyah 18 Bustanul Athfal Malang dan peneliti selanjutnya. Disarankan kepada guru Aisyiyah 18 untuk mencari tulisan fonetik meningkatkan pengetahuan dan lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Dalam memilih lagu yang digunakan guru hendaknya memiliki beberapa pertimbangan yang berhubungan dengan karateristik dan minat anak. Ahirnya saran juga ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan masalah pelafalan yang dihadapi oleh guru dalam mengajar lagu di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245155

Actions (login required)

View Item View Item