Developing working big books for teaching English for first grade elementary students / Kristin Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing working big books for teaching English for first grade elementary students / Kristin Yuliana

Yuliana, Kristin (2012) Developing working big books for teaching English for first grade elementary students / Kristin Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliana Kristin. 2012. Mengembangkan Working Big Books sebagai Materi Pembelajaran Kosakata untuki Sekolah Dasar Kelas Satu. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Emalia Iragiliati Sukarni M.Pd. Kata Kunci Working big books media kosakata bahasa Inggris untuk pembelajar muda metode children-centered. Dalam mempelajari bahasa asing kosakata memegang sebuah peranan yang penting. Kosakata adalah sebuah elemen yang mengubungkan keempat kemampuan berbahasa yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Didalam pengajaran bahasa Inggris untuk para pembelajar muda keberadaan media terutama dalam bentuk audio dan visual sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu media berbasis gambar yang sering digunakan untuk mengajar bahasa inggris kepada pebelajar muda adalah big books. Media ini biasanya digunakan untuk membacakan cerita dimana guru berperan sebagai pembaca sedangkan murid sebagai pendengar. Kelebihan dari media ini adalah murid dibawa ke suasana santai seperti saat dibacakan dongeng dirumah. Kekurangan dari media ini adalah kurang effektif untuk digunakan di kelas besar apalagi mengingat kondisi kelas-kelas di Indonesia yang mayoritas kelasnya besar berisikan lebih dari 25 murid per kelas. Dengan kehadiran working big books sebagai versi baru dari big books diharapkan sebuah pembelajaran yang interaktif dapat dilaksanakan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media ajar berbentuk working big books untuk meningkatkan kemampuan kosakata dalam bahasa Inggris untuk sekolah dasar kelas satu yang sesuai dengan silabus bahasa Inggris yang digunakan. Desain penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah desain penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan working big books ini diawali dengan analisa kebutuhan untuk mencari tahu latar karakteristik siswa materi bahasa inggris yang diperlukan siswa media dan metode pembelajaran yang digunakan guru serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Didalam tahapan ini data diperoleh dengan menganalisa dokumen dan melakukan observasi serta wawancara. Tahapan berikutnya adalah pengembangan dalam tahap ini peneliti mendesain produk untuk dijadikan versi uji coba dari produk yang akan diproduksi. Proses kemudian berlanjut ke proses validasi yang terdiri dari tiga tahap yaitu validasi ahli uji pengembangan dan uji lapangan. Selama tahap validasi pembenahan akan terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari produk yang akan dihasilkan. Setelah itu dilakukan perbaikan berulang kali didalam tahap validasi dan pada akhirnya produk akhir siap untuk diproduksi. Hasil akhir dari studi ini adalah working big books yang memuat media pembelajaran untuk pembelajaran kosakata. Media working big books ini mencakup dua topik yang diambildari materi bahasa inggris untuk kelas satu SD yakni numbers dan body parts. Ada 13 working big books untuk topic number yang terdiri dari 10 working big books untuk diwarnai dan satu working big books Punum untuk bermain. Dua buah big bokks yang lain adalah tentang body parts bernama Bopuz working big books untuk permainan. Hasil dari kuesioner dalam tes lapangan yang diikuti 30 siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa menyatakan bahwa mereka menyukai working big books tersebut. Gambar sebagai objek illustrasi kosakata dalam working big books memegang peranan penting untuk menarik perhatian siswa. Validasi guru juga dilaksanakan selama proses try out. Hasilnya menunjukkan bahwa working big books adalah media yang cocok untuk mengajar anak kelas satu SD. Berdasarkan pada temuan diatas produk akhir dalam studi ini dapat dikatakan sebagai media yang menarik dan asyik untuk pembelajaran kosakata. Siswa menyukai pembelajaran kosakata menggunakan working big books dan siswa mengerjakan aktivitas dalamworking big books tersebut dengan antusias. Terkait dengan temuan tersebut disarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan mediaini di kelas untuk mendukung pembelajaran khususnya pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Untuk peneliti selanjutnya yang akan meneliti dengan topik yang sama disarankan untuk mengembangkan working big books untuk jenjang yang berbeda dan mencakup keseluruhan topik dengan aktivitas yang beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245153

Actions (login required)

View Item View Item