Captain america as the mother in the avengers: A psychoanalytic study on superhero character / Muhammad Yuda Librata - Repositori Universitas Negeri Malang

Captain america as the mother in the avengers: A psychoanalytic study on superhero character / Muhammad Yuda Librata

Librata, Muhammad Yuda (2012) Captain america as the mother in the avengers: A psychoanalytic study on superhero character / Muhammad Yuda Librata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Captain America ibu psikoanalisis anima-animus Selama puluhan tahun banyak orang menyangka bahwa para superhero identik dengan figur ayah karena kedua hal tersebut merepresentasikan maskulinitas. Namun mereka sepertinya lupa bahwa jender dan jenis kelamin adalah dua hal ayang sama sekali berbeda jenis kelamin bersifat inheren sedangkan jender erat kaitannya dengan pembagian peran-peran di masyarakat berdasarkan jenis kelamin. Stereotip jender dengan melekatkan gambaran ayah kepada superhero adalah hal yang akan dibantah oleh skripsi ini karena faktanya pada film yang berjudul The Avengers ada sesosok superhero yakni Captain America. Meskipun dia berbadan kekar dan mampu bertarung dengan sangat baik dia juga mampu menunjukkan perilaku yang penuh kasih layaknya seorang ibu. Agar dapat melihat sifat-sifat keibuan yang memiliki andil dalam membentuk kepribadian Captain America konsep-konsep Freudian mengenai emosi akan dipakai. Konsep-konsep Freud akan berguna dalam usaha skripsi ini mengidentifikasi pentingnya pengaruh emosi terhadap pembentukan kepribadian manusia. Agar tujuan utama skripsi ini dapat tercapai konsep Freud mengenai emosi akan digabungkan dengan gagasan Jung mengenai anima dan animus. Gagasan Jung ini akan sangat berguna karena dalam topik ini Jung menyinggung tentang sifat-sifat kewanitaan yang bersemayam di alam taksadar pria. Mengingat anima adalah sifat-sifat kewanitaan yang ada di alam taksadar pria skripsi ini berargumen bahwa Captain America bukan hanya alter-ego dari Steve Rogers namun juga anima-nya. Dilihat dari peranannya di dalam film Captain America memang mampu menyatukan sifat-sifat kewanitaan dengan tubuh yang berotot. Hal ini sama dengan gagasan Jung mengenai arketip tentang penyatuan maskulinitas dengan femininitas yahg telah merasuki kebudayaan-kebudayaan di dunia. Jika budaya Asia Timur memiliki Yin dan Yang sebagai simbol penyatuan dua elemen yang tampaknya kontras satu sama lain mis. pria dan wanita maka Hollywood memiliki Captain America sebagai Yin dan Yang dalam kebudayaan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245146

Actions (login required)

View Item View Item